blank
Pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales di Grand Prix Emilia Romagna, Sirkuit Misano, Italia, Minggu. (20/9/2020) . Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Maverick Vinales memimpin serbuan trio pebalap Yamaha yang memuncaki catatan waktu hari keempat tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar pada Kamis.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP itu mengklaim tempat teratas dengan catatan terbaik 1:53,244.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menegaskan kecepatan Yamaha di peringkat tiga besar di rentang 1:53,3 jelang hari terakhir tes Qatar, demikian laman resmi MotoGP.

Setelah sempat terganggu angin kencang pada dua hari pertama, kondisi trek di sesi tes penultima cukup baik bagi para pebalap untuk menguji motor mereka sebelum musim kompetisi dimulai.

Hari yang sibuk bagi Vinales yang mendapati tiga motor di garasinya untuk diuji.

Tandem satu timnya, Fabio Quartararo tak secepat hari sebelumnya dan cukup puas di P3 dan merasa nyaman dengan sasis baru M1.

Sementara itu, Valentino Rossi, yang musim ini membalap untuk tim Petronas Yamaha, mencetak waktu terbaiknya di tes Qatar dengan catatan 1:53,993 untuk berada di P8.

Pebalap Ducati tercepat pada hari ke-4 adalah Francesco Bagnaia yang mencetak waktu terbaiknya sejauh ini 1:53,444 di P4.

Rekrutan baru tim pabrikan Ducati itu menguji paket aerodinamika baru untuk motornya dan melakukan simulasi balapan.

Pebalap Ducati tercepat kedua adalah Johann Zarco dari Pramac Racing, setelah melahap 71 putaran dan mengakhiri sesi di P9.

Zarco juga mencetak kecepatan tertinggi 357,69kpj di lintasan lurus Sirkuit Losail, yang menjadi rekor top speed tak resmi sirkuit itu.

Aleix Espargaro meneruskan konsistensinya dengan motor Aprilia RS-GP di P5. Pebalap Spanyol itu mengaku stabilitas dan daya cengkeram belakang motornya lebih baik, dan ia mampu tampil cepat dengan ban bekas hari itu.

Duet Suzuki Joan Mir dan Alex Rins beriringan finis P6 dan P7 dan untuk pertama kalinya pasangan pebalap tim juara bertahan itu menembus 1:53 detik di Qatar.

Kemudian Pol Espargaro kembali menjadi pebalap tercepat Honda di P10. Sebanyak 65 putaran diselesaikan sang pebalap Spanyol yang terus menunjukkan progres adaptasi dengan motor Honda RC213V setelah direkrut tim Repsol Honda dari KTM tahun lalu.

Sementara Alex Marquez dari tim LCR Honda mengalami retak tulang metacarpal keempat kaki kanannya setelah terjatuh di Tikungan 9.

Belum bisa dipastikan apakah Marquez bisa turun di hari terakhir tes Qatar sebelum musim kompetisi dimulai di negara Timur Tengah itu pada 28
Maret nanti.

Sepuluh besar catatan waktu hari keempat tes Qatar:
1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:53,244
2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,079
3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,154
4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,200
5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,396
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,583
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,616
8. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) + 0,749
9. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0,812
10. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0,859

Ant/Muha