blank
Penyerang sayap AS Roma Stephan El Shaarawy merayakan golnya ke gawang Shakhtar Donetsk dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (11/3/2021) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – AS Roma dan Granada membukukan keunggulan pada babak 16 besar Liga Europa setelah mengalahkan lawan masing-masing di leg pertama.

Menjamu Shakhtar Donetsk di Olimpico, Roma, Italia, pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Roma meraih kemenangan telak 3-0 atas wakil Ukraina itu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Lorenzo Pellegrini membuka keunggulan Roma pada menit ke-23 saat ia mengkonversi umpan terobosan dari Pedro Rodriguez dengan sontekan sederhana yang cukup untuk menaklukkan kiper Anatolii Trubin.

Shakhtar hampir memberi balasan instan empat menit kemudian, tetapi kiper Pau Lopez sigap mengamankan gawangnya dari ancaman tembakan mendatar Junior Moraes.

Keunggulan 1-0 yang bertahan hingga turun minum baru mampu digandakan oleh Roma pada menit ke-73 saat Stephan El Shaarawy menari melewati dua bek Shakhtar sebelum mengecoh Trubin dengan tembakan cungkil.

Empat menit berselang, Gianluca Mancini mengunci kemenangan Roma jadi 3-0 saat ia menanduk bola umpan sundulan Bryan Cristante dalam situasi sepak pojok.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Nuevo Los Carmenes, Granada menang meyakinkan 2-0 atas FK Molde yang harus menuntaskan laga dengan 10 pemain.

Jorge Molina membuka keunggulan 1-0 untuk Granada saat ia memperdaya kiper Andreas Linde dalam situasi satu lawan satu dan skor itu bertahan hingga turun minum.

Pada menit ke-71, Granada mendapat keuntungan setelah gelandang bertahan Martin Ellingsen menerima kartu kuning kedua memaksa Molde melanjutkan pertandingan dengan hanya 10 pemain di lapangan.

Situasi 11 lawan 10 segera dimanfaatkan Granada yang menggandakan keunggulan mereka melalui tendangan voli cantik Roberto Soldado.

Shakhtar dan Molde selanjutnya akan bertindak sebagai tuan rumah untuk leg kedua pekan depan. Shakhtar menumpang di NSC Olimpiyksiy, Kiev, Ukraina, menjamu Roma dan Molde mengungsi ke Puskas Arena, Hongaria, untuk menghadapi Granada.

Ant/Muha