blank
Penandatanganan MOU antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Perkebunan Tambi Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-PT Perkebunan Tambi di Wonosobo meluncurkan produk teh celup varian baru dengan tema salah satu produk Pertamina, Bright Gas, di mana produk teh berwarna pink dan diolah menggunakan bahan bakar Bright Gas.

Peluncuran produk tersebut bersamaan dengan kegiatan penandatangan kesepakatan bersama dengan Pertamina pada Jumat siang (12/3) di Resort Argowisata Tambi Kejajar Wonosobo.

PT Perkebunan Tambi sendiri merupakan perusahaan yang mengelola kawasan wisata alam dan perkebunan hingga memproduksi teh lokal khas Wonosobo.

Unit Managaer Communication, Relations dan CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan produk hasil kolaborasi dengan PT Perkebunan Tambi ini merupakan bentuk dukungan kepada pengembangan industri lokal, dalam hal ini teh khas Wonosobo.

“Kami terus mendukung pengembangan industri lokal melalui penyediaan bahan bakar dari Pertamina untuk operasional kegiatan usaha, salah satunya dengan ikatan kerjasama yang dituangkan ke dalam kesepakatan bersama,” ujarnya.

Dirinya menambahkan dengan adanya kesepakatan tersebut, Pertamina berkomitmen untuk menyediakan bahan bakar berkualitas melalui produk dan layanan Pertamina untuk kebutuhan operasional PT Perkebunan Tambi.

Industri Lokal

blank
Penyerahan sampel Bright Tea dari PT Perkebunan Tambi ke PT Pertamina. Foto : SB/Muharno Zarka

“Produk dan layanan yang Pertamina berikan antara lain tabung BrightGas ukuran 50 Kg untuk produksi teh, bahan bakar mesin (BBM) jenis Pertamax dan Dexlite untuk fasilitas kendaraan operasional,” paparnya.

Juga, tambahnya, produk pelumas Pertamina untuk perawatan mesin kendaraan operasional, hingga aktivasi aplikasi My Pertamina untuk pekerja PT Perkebunan Tambi yang berjumlah sekitar 100 pekerja.

Brasto juga mengapresiasi PT Perkebunan Tambi yang telah menggunakan produk-produk berkualitas non subsidi dari Pertamina untuk kebutuhan operasional usahanya.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama ini dapat semakin memajukan industri lokal Wonosobo yang dijalankan oleh PT Perkebunan Tambi,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Dirut PT Perkebunan Tambi, Suwito juga mengatakan kerjasama yang dijalin antara Pertamina dan PT Tambi merupakan wujud komitmen Pertamina dalam memajukan sekaligus mengembangkan industri lokal dalam hal ini industri perkebunan teh yg dikelola oleh PT Perkebunan Tambi.

“Kami berharap bentuk kerjasama ini tidak hanya berhenti pada penggunaan produk-produk yang berkualitas yang dihasilkan Pertamina,” terang Suwito.

Tapi juga berkembang dengan kerjasama dalam bentuk lain semisal Pertamina turut memasarkan produk-produk PT Perkebunan Tambi kepada masyarakat melalui pihak-pihak yang selama ini menjalin kerjasama dengan Pertamina.

Muharno Zarka