blank
Pengurus Siwo PWI Pusat, dipimpin Ketua Gungde Ariwangsa, berfoto bersama usai melakukan audensi dengan Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin Simanjuntak, untuk membahas STE. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat, berencana untuk menggelar Sarung Tinju Emas (STE).

Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, dalam audiensi dengan Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin Simanjuntak, di kantornya di Jakarta, Jumat (12/3/2021) mengatakan, ajang itu terakhir digelar pada 2017 di Bogor.

Setelah itu STE mati suri. Padahal pada masa keemasannya, STE yang digelar Siwo PWI, selalu menjadi patokan untuk menghasilkan petinju amatir terbaik Nasional. Berkaitan dengan itu, pada tahun ini Siwo PWI Pusat ingin menggelarnya kembali.

BACA JUGA: Peringati Isra Miraj, MAN 1 Wonosobo Gelar Pengajian

Gungde Ariwangsa yang didampingi Sekjen Siwo PWI Pusat, Suryansyah, memaparkan, Sarung Tinju Emas Siwo PWI, semula akan digelar tahun lalu. STE mempertandingkan 17 kelas, dan semula akan digelar di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) atau di Maluku Utara.

”Sebenarnya kami ingin menggelarnya pada tahun 2020 di Banjarmasin. Tetapi karena ada pandemi covid-19, kami menundanya. Namun di Maluku Utara menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah even ini,” ucap Gungde, saat dihubungi dari Semarang, Jumat (12/3/2021).

Sementara itu Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin, menyambut baik dan mendukung penuh rencana ini. Menurutnya, ajang STE dapat pula menjadi kualifikasi untuk salah satu program PP Pertina, yaitu Piala Presiden.

BACA JUGA: Wujud Perhatian Pemerintah RI Kepada Keluarga Prajurit Yang Gugur di Medan Operasi

Rencananya, PP Pertina ingin menggelar Piala Presiden pada Desember 2021. Mereka pun ingin mengundang petinju dari negara lain.

”Juara di even Sarung Tinju Emas, bisa menjadi wakil Indonesia di Piala Presiden nanti. Dan kami menyarankan, Sarung Tinju Emas digelar mulai secara regional dulu, mulai dari Barat, Tengah, dan Timur. Para juara dari masing-masing regional itu, akan bertanding di putaran final Nasional,” jelas Komaruddin.

Dia juga menyadari, masih kurangnya kompetisi maupun kejuaraan tinju amatir di Tanah Air, dalam beberapa tahun terakhir.

”Kalau ada kerja sama seperti ini, kami sangat senang sekali. Bahkan kalau bisa setiap satu atau dua bulan sekali, antara PP Pertina dan Siwo PWI dapat bekerja sama untuk membuat kejuaraan tinju kecil-kecilan saja tapi rutin. Dan bisa disiarkan televisi misalnya,” harap mantan Pangdam IX/Udayana itu.

Sigit PR-Riyan