blank
PENGHARGAAN RELAWAN : Arif Fuad Hidayah bersama beberapa relawan usai penerimaan penghargaan secara virtual di kantor Kominfo Klaten, Rabu (10/3/21).

KLATEN, (SUARABARU.ID) – Relawan Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah mendapatkan penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas dedikasinya dalam gerakan peduli sungai dan lingkungan di Klaten dan sekitarnya.

Kepala BNPB Doni Monardo di Grha BNPB Jakarta, Rabu (10/3/21) kepada perwakilan penerima. Penghargaan diserahkan secara virtual oleh kepada warga Mangun Jayan, Desa Sengon, Kecamatan Prambanan, Klaten itu yang berada di Lantai 2 Gedung Kominfo Klaten, dan terhubung langsung dengan upacara penyerahan penghargaan di Jakarta. Dia ditemani beberapa relawan Klaten.

Penghargaan BNPB diserahkan kepada pemerintah daerah, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, dan media massa atas partisipasi dan kepeduliannya dalam gerakan peduli lingkungan, pencegahaan bencana dan penanganan pandemi covid-19.

‘’Alhamdulillah, penghargaan ini bukan untuk saya pribadi, namun ini untuk masyarakat dan relawan Klaten yang sudah selalu bersemangat bergotong royong dalam penanganan bencana,’’ ujar Arif usai acara penyerahan. Piagam penghargaan sudah dikirimkan oleh BNPB dan sudah diterima.

Pemberian penghargaan diputuskan dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dengan tema “Tangguh Menghadapi Bencana” yang dibuka Presiden Joko Widodo, Februari 2021.

Pemerintah Daerah Penerima Penghargaan Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten/Kota Regional Barat, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Barat, Kabupaten Bantul, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cilegon, dan Kota Padang.

Regional Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Bontang dan Kota Kupang.

Regional Timur yakni Provinsi Bali, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Tabanan, Kota Ambon, Kota Sorong dan Kota Tidore.

Untuk Lembaga Usaha ada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk, PT. Bank Negara Indonesia, Tbk, PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), PT. Gojek Indonesia, PT. Lion Mentari Airlines, dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA).

Untuk Perguruan Tinggi, penghargaan diberikan kepada Universitas Mataram, Universitas Tadulako, Universitas Hasanuddin dan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan untuk media diberikan kepada 194 media cetak, TV dan online.

Untuk katagori masyarakat diterima 17 orang dan organisasi antara lain Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Arif Fuad Hidayah, Harrys Yasin, Relawan PB, LPBI NU, Human Initiative (HI), Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), PMI, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Rumah Zakat, Wahana Visi Indonesia (WVI), Caritas Germany, Yakkum Emergency Unit (YEU), Yayasan Budha Tzu Chi, Mer-C, World Food Programme (WFP), United Nation Development Programme (UNDP) dan The United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA).

Mesh