blank

Motivasiku: AL-QUR’AN

Oleh:  Ira Alia Maerani

 AL-QUR’AN menjadi motivasi utama  dalam webinar KKN Tematik XI Unissula dengan tema, ”Serba Serbi Dunia Perkuliahan dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi” (Rabu, 10 Maret 2021) melalui virtual meeting.  Salah satu pembicara, Dr. Ira Alia Maerani, M.H. yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)   kelompok 187 di Desa Kedungrejo, Kabupaten Rembang.

Peserta yang terdiri dari puluhan pelajar SMA di Kabupaten Rembang dan sekitarnya. Bahkan dari Salatiga, Demak, Cikaang, Tangerang. Termasuk mahasiswa baru angkatan 2020/2021 terlihat antusias mengikuti webinar yang diselenggarakan hampir  3 jam ini. Tidak hanya mahasiswa baru Unissula tetapi juga mahasiswa PTN yang terletak di Kota Semarang.

Mengapa Al-Qur’an dijadikan motivasi?  Dr. Ira Alia Maerani menjelaskan bahwa kandungan nilai-nilai, kisah manusia terdahulu, hukum-hukum yang diatur dalam Al-Qur’an membawa keselamatan hidup di dunia dan akherat. Mengingat,  tujuan hidup manusia sejatinya adalah kemuliaan hidup di dunia dan akherat.

Guna menarik perhatian peserta webinar ini, pembicara memantik dengan sebuah kuisioner dengan hadiah doorprize yang telah disiapkan oleh panitia mahasiswa KKN. Penyampaian materi disampaikan dengan gaya bertutur dan tidak menggurui. Menyesuaikan dengan gaya bicara khas anak-anak milineal.

Motivasi guna membangun ketertarikan mahasiswa akan dunia kampus adalah:

  • A Asyik memiliki ilmu baru, teman baru, guru baru (dosen), lingkungan baru, gaya hidup (life style) baru, dan aktvitas baru. Dunia kampus yang mengasyikkan dan menyenangkan.
  • L Mengingat masih pandemi Covid-19 maka perkuliahan dilaksanakan secara daring. Lelah di depan laptop, tugas-tugas yang “menggunung”, mata lelah memerah, melelahkan menunggu loading sinyal yang lama yang dikenal dengan istilah lola. Dikejar tayang harus upload di e-learning. Cuaca kurang mendukung misal karena hujan atau lainnya. Kuota habis dan berbagai problem-problem lainnya yang tentunya menjadi motivasi tersendiri untuk mencari jalan keluar terbaik.
  • QONA’AH. Qanaah merupakan sikap yang merasa cukup atas segala nikmat yang telah diberikan ALLOH SWT dan selalu ridho atas hasil yang telah didapatkan. Bersyukur atas takdir yang telah digariskan oleh Sang Kuasa. Termasuk wabah Covid-19 ini. Pandemi ini membawa perubahan secara dramatis dalam kehidupan manusia. Tak terbayang sebelumnya ketika kuliah atau proses pembelajaran melalui virtual meeting. Akan tetapi karena keadaanlah yang membuat kuliah virtual ini dilakukan secara massif.
  • U Usaha alias ikhtiar mutlak dilakukan. Tidak pasrah dengan keadaan. Bagaimana caranya? Yakni dengan berusaha untuk semakin dekat kepada ALLOH pemilik alam semesta. Virus corona adalah mahkluk kecil kasat mata ciptaan ALLOH. Oleh karena itu sudah seharusnya jika berlindung pada ALLOH dari terpapar virus corona. Yakni dengan cara memanjatkan do’a dan semakin kuat dalam beribadah kepada ALLOH. Menjalankan sholat fardhu 5 waktu sehari (Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya) dan ibadah-ibadah sunnah yang lain. Seperti sholat tahajud, dhuha, hajat, taubat, tasbih dan lainnya. Termasuk ibadah puasa, berdzikir dan menghadiri majelis ilmu secara virtual.
  • R Rajin menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang. Rajin berdo’a pada ALLOH; rajin membantu orang tua agar memperoleh berkah-Nya karena ridhonya orang tua merupakan ridho ALLOH; Rajin kuliah, mengerjakan tugas, dan ujian. Sehingga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diraih memuaskan, cumlaude atau summa cumclaude. Rajin komunikasi yang santun pada para pendidik (guru, dosen) termasuk komunikasi dengan tenaga kependidikan (Tata Usaha). Komunikasi virtual ini perlu didukung dengan gaya bahasa yang sopan dan santun. Diawali dengan salam dan memperkenalkan diri dan inti dari yang ingin diutarakan. Tidak menggunakan istilah dan singkatan-singkatan yang tidak dipahami (tidak familiar). Rajin berkawan dengan orang-orang sholih menjadi salah satu tips keberhasilan hidup. Sebuah peribahasa mengatakan jika berkawan dengan tukang pandai besi maka akan terciprat api, jika berkawan dengan penjual parfum maka akan tertular wangi. Sehingga jika berkawan dengan orang-orang yang sholih dan alim, maka diharapkan akan tertular kesholihan dan kealiman mereka.
  • A Amanah untuk menjadi ummat terbaik (khairu ummah) sebagaimana firman ALLOH dalam Al Qur’an surat Al-Imron Ayat 110.
  • N Niat menjadi pemicu amal baik seseorang. Diniatkan hanya mengharap ridho ALLOH semata. Sehingga menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, berilmu, ikhlas, sabar, qona’ah,, fathonah (cerdas). Dengan niat mengharap ridho ALLOH sehingga ilmu yang didapat membawa keberkahan di dunia dan akherat.

Pemaparan di atas diakhiri dengan jawaban seorang peserta, Septia Nurmawitasari dari MAN Salatiga, yang mampu menebak dengan baik. Motivasi yang dimaksud adalah AL-QUR’AN.

Webinar juga disampaikan oleh pembicara 2 orang putra dan putri asli Rembang, Dian Fitriyani (Alumni FISIP Undip) dan M. Dicky Ramadhan (mahasiswa Fakultas Teknik Unissula yang juga pernah meraih duta wisata Rembang 2018). Keduanya memotivasi agar tetap lanjut studi dengan segala aktivitas yang menyenangkan selama pengalaman di bangku kuliah. dan tetap bersemangat meski pandemi membayang. Webinar dipandu oleh moderator Arif Setyo Budi (mahasiswa KKN dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Matermatika). (Dr. Ira Alia Maerani, dosen Fakultas Hukum dan DPL KKN UNISSULA)

Suarabaru.id