blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)Budaya meneliti di lingkungan kampus tidak hanya menjadi kewajiban pelaksanaan Tri Dharma bagi Tenaga Pengajar.

Para mahasiswa pun punya peran berkontribusi bagi perkembangan penelitian di tanah air. Bahkan publikasi penelitian yang dilakukan mahasiswa menjadi nilai plus untuk bisa menyandang gelar Sarjana dalam waktu pendidikan hanya 3,5 tahun saja.

Setidaknya dua mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang membuktikan lolos jurnal nasional terakreditasi Sinta 2. Akhir tahun 2020, Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi tembus ke IJCCS Universitas Gadjah Mada dengan judul “A Hybrid Approach for Determine the Location of Stand. Sementara itu, hasil riset
Muhammad Adi Setiawan dengan judul “Metode COPRAS untuk Menentukan Kain Terbaik dalam Pembuatan Pakaian pada Butik Batik Hatta Semarang” akan dipublikasikan ke Jurnal JTIIK Universitas Brawijaya.

Dengan bekal jurnal tersebut, kedua mahasiswa mengembangkan dalam penyusunan Tugas Akhir (TA) sebagai syarat kelulusan di Program Studi S1 Sistem Informasi USM.

“Berkat jurnal saya lolos, impian bisa lulus kuliah 3,5 tahun itu bener benar jadi kenyataan. Bersyukur di kampus dosen bener benar memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk rajin menulis jurnal dari hasil tugas perkuliahan” ujar Muhammad Adi Setiawan.

Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi menambahkan ide dalam penulisan jurnal berangkat dari tugas mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan pada semester 5.

Melalui metode SPK, mahasiswa diminta untuk mengaplikasikannya kepada masyarakat dalam bentuk program pengambilan keputusan di masyarakat.

“Hasil penelitian dan program yang saya buat ini lah saya kembangkan ke tugas akhir saya. Hasilnya ternyata tidak hanya lolos jurnal saja, tapi saya bisa lulus kuliah lebih cepat dari teman teman” ujar Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi

Dosen Sistem Informasi, Saifur Rohman Cholil, M.Kom mengaku pemeberian tugas dengan melatih mahasiswa melakukan riset dan implementasi karya akan menjadi modal kuat bagi mahasiswa yang lulus untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Untuk itu, penerapan kurikulum kampus merdeka kedepan, Program Studi Sistem Informasi FTIK USM akan meningkatkan kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa yang output nya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Saiful Hadi – USM