blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis (kiri) didampingi Sekda Joko Budiyono meninjau pelaksanaan suntik vaksin untuk lansia, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Mulai kemarin (9/3) para lanjut usia (lansia) di Kota Magelang  disuntik vaksin Covid-19.

Gelombang pertama dilaksanakan di Gedung Ayodya Rumah Sakit Jiwa (RSJ)  Prof Dr Soerojo Magelang.  Sebanyak 267 lansia mengikuti vaksinasi tersebut.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz menjelaskan, vaksinasi  merupakan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Karena itu, dia berharap pelaksanaannya berjalan lancar, dan tidak ada efek yang berarti.

‘’Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat, dengan vaksin ini akan timbul herd imunity atau kekebalan kelompok,’’ ungkapnya.

Menurutnya, lansia menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 setelah sasaran sumber daya manusia kesehatan (SDMK), pelayan publik, TNI, Polri dan prioritas lainnya. Lansia merupakan kelompok rentan tertular virus corona.

Dokter spesialis penyakit dalam itu pun berharap tidak ada efek berarti yang terjadi setelah lansia divaksin.

Dia juga mengapresiasi RSJ Prof Dr Soerojo yang menyediakan 1 unit bus untuk mengantar dan jemput para lansia peserta vaksinasi. Langkah ini patut dicontoh sebagai bentuk pelayanan bagi para lansia.

‘’Luar biasa RSJ Prof Dr. Soerojo ini yang menyediakan mobil untuk penjemputan para lansia. Patut dicontoh kalau kita mengundang mereka,’’ terangnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto mengatakan,  sasaran vaksinasi untuk lansia di Kota Magelang sebanyak 30 orang per RW. Adapun di Kota Magelang ada 192 RW. Selain lansia, pada gelombang ini juga diikutkan para pelayan masyarakat yakni Ketua RT, sebanyak 132 orang.

‘’Sejauh ini tidak ada yang menolak divaksin. Masyarakat senang. Kalau tidak lolos skrining ada, ada yang karena demam, flu, gula darah meningkat, hipertensi, stroke dan komplikasi jantung,’’ tuturnya.

Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Eniarti menjelaskan, lansia yang divaksin di RSJ Prof Dr Soerojo mayoritas adalah warga kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara. Pihaknya menyediakan bus untuk menjemput dan mengantar pulang mereka.

‘’Kami siapkan angkutan satu  bus untuk menjemput dan mengantar para orang tua peserta vaksinasi. Kalau anak-anak mereka tidak bisa menampingi, maka kami adalah anak-anak bapak/ibu semua,’’ katanya.

Pihaknya berterima kasih kepada para peserta vaksinasi dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, yang telah mempercayakan RSJ Prof Dr Soerojo sebagai tempat vaksinasi Covid-19 ini.

Vaksinasi diberikan sebanyak 2 dosis, dosis berikutnya akan diberikan pada 28 Maret 2021.

‘’Untuk hari ini dilaksanakan 1 dosis vaksinasi dan dosis kedua pada tanggal 28 Maret 2021 nanti,’’ ujarnya.

Dia mengingatkan masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan meskipun telah divaksin.

 

Penulis : prokompim/kotamgl

Editor   : Doddy Ardjono