blank
Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, HM Rohaini saat menyampaikan paparannya di Kompleks Balaikota Semarang, Selasa, (9/3/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pada zaman serba digital yang kemudian disebut era 4.0, semua orang dipaksa menyesuaikan diri serba tersambung internet. Hal itu membuat manusia semakin terikat dengan teknologi, yang berisiko menghilangkan kepekaan nurani dan akal budi.

Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, HM Rohaini pun, kemudian mengajak setiap insan untuk tetap menjaga perilaku baik, dengan meningkatkan kecerdasan perasaan atau Emotional Quotient (EQ).

Ajakan itu dia sampaikan ketika menjadi narasumber diskusi bertajuk ‘Sosialisasi Antar-Kerja Online Kegiatan Pengelolaan Informasi Pasar Kerja’, yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang, di Gedung Dinas Komunikasi dan Informatika, Kompleks Balaikota Semarang, Selasa, (9/3/2021).

BACA JUGA: Diduga Menjiplak Lagu Milik Lay EXO, Young Lex Dihujat Banyak Netizen

”Di era 4.0 ini, mari kita jaga perilaku. Mari kita tingkatkan EQ,” ajak wakil rakyat alumnus pesantren ini.

Rohaini memaparkan, teknologi internet mempermudah pencari kerja mendapatkan job yang diinginkan. Demikian pula pencari tenaga kerja, juga semakin gampang mendapat calon karyawan.

Namun di semua era itu, terang dia, tetaplah kelakuan (attitude) menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan dalam penerimaan (rekruitmen). Karena attitude bersumber dari kemampuan orang mengolah kecerdasan emosinya. Itu bagian dari etika, bagian moral alias akhlak.