blank
Spot selfie di wisata Sungai Jeratun Desa Temulus. foto:Ant/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudusmulai merintis wisata air dengan memanfaatkan potensi alam yang ada, mulai dari sungai hingga rawa-rawa sebagai upaya memberdayakan masyarakat agar semakin sejahtera.

“Kami sudah merintis wisata air awal tahun 2020 dengan memanfaatkan Sungai Jeratun, sedangkan saat musim penghujan memanfaatkan rawa-rawa yang debit airnya meningkat sehingga tampak luas dan bisa digunakan untuk wisata perahu,” kata Kepala Desa Temulus Suharto.

Hasilnya, kata dia, mendapatkan respons positif masyarakat dari berbagai daerah, karena di Kabupaten Kudus memang jarang tersedia wisata air. Penggarapan wisata alam tersebut juga melibatkan masyarakat yang dibuatkan wadah berupa kelompok sadar wisata.

Meskipun objek wisatanya masih berupa rintisan, tetapi sudah ada beberapa pengembangan di sekitar lokasi, mulai dari penyediaan spot swafoto, tempat bermain, tempat istirahat hingga tiga unit perahu yang siap melayani pengunjung untuk berputar-putar sekitar rawa.

Baca juga: Objek Wisata Svarga Bumi, Surganya Penggemar Foto Selfi