blank
Para remaja di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, ini terjaring operasi yustisi Gakplin pencegahan Covid-19. Mereka tidak mengenakan helm dan abai memakai masker.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya mencegah penularan wabah virus corona, Satuan Tugas (Satgas) Gugus Covid-19 tingkat kecamatan di Kabupaten Wonogiri, aktif menggelar operasi yusitisi. Sasarannya, merazia warga yang tidak bermasker, dan membubarkan pesta hajatan.

Sebagaimana dilakukan oleh Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kecamatan Wonogiri Kota misalnya, terpaksa mengambil tindakan tegas membubarkan warga yang nekat menggelar pesta hajatan. Lokasinya di Dusun Kedungsono RT 3/RW 6, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota.

Hadir dalam pembubaran pesta hajatan ini, Kapolsek Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto beserta anggota, Kasi Tata Pemerintahan (Tapem) Kecamatan Wonogiri, Mahmudi dan Kepala Desa (Kades) Bulusulur, Dwi Prasetyo.

blank
Tim Gabungan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Wonogiri Kota, Pimpinan Kapolsek Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto, membubarkan pesta hajatan yang digelar warga Dusun Kedungsono, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

 

Abaikan Prokes
Alasan mengapa dibubarkan, karena pesta hajatan kontradiktif dengan ketentuan Pemberlakukan Pemabatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Surat Edaran (SE) Bupati Wonogiri Nomor 443.2/7019 Tertanggal 29 Desember 2020 tentang Pembatasan Hajatan dalam masa Pandemi Covid-19.

Pesta hajatan itu terpaksa dibubarkan, karena memunculkan kerumunan massa yang mengabaikan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona.

Sementara itu, Tim Gabungan Satgas Gugus Covid-19 tingkat kecamatan di Kabupaten Wonogiri, aktif menggelar operasi yustisi penegakan disiplin (Gakplin) Prokes pencegahan wabah virus corona. Yakni dengan mengadakan cegatan di sejumlah lokasi strategis keramaian massa.

Sidoharjo Nguntoronadi
Di Kecamatan Sidoharjo, Danramil-17 Lettu (Inf) Toto Mardoyo, memimpin langsung operasi yustisi bersama jajaran Polsek, aparat kecamatan dan petugasx medis Puskesmas. Demikian hal yang dilakukan oleh Koramil-04 Nguntoronadi pimpinan Kapten (inf) Budi Utama, bersama jajaran Polsek dan aparat terkait setempat, juga melakukan pencegatan warga yang melakukan aktivitas dan abai memakai masker.

blank
Tim Gabungan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Wonogiri Kota, membubarkan pesta hajatan yang digelar oleh warga Dusun Kedungsono, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Operasi yustisi yang sama, juga digelar doleh jajaran Forkompimcam Karangtengah. Peltu Khomaedi dan Babinsa Serda Trisilo dari Koramil-23 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri, tampil bersama jajaran Polsek dan anggota Tim Gabungan lain, melakukan operasi Gakplin Prokes.

Kegiatan sama, juga dilaksanakan di Kecamatan Slogohimo, pimpinan Danramil-22 Kapten (Arm) Yadiman, bersama Serda Suherman dan Serda Sujoko. Juga melibatkan anggota Polsek Slogohimo Aiptu Sugiono dan Bripka Paryanto, petugas mesid Puskesmas dan aparat Kecamatan Slogohimo.

Bambang Pur-mul