Pengurus DPC PKB Wonosobo yang baru saja ditetapkan DPP PKB dalam Muscab PKB di Hotel Kresna. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jawa Tengah Sarif Abdillah ditetapkan DPP PKB sebagai Ketua DPC PKB Wonosobo dalam Musyawarah Cabang (Muscab) PKB di Hotel Kresna, setempat, Sabtu (6/3).

DPP PKB juga menetapkan KH Nur Hidayatullah (Ketua Dewan Syuro), Muhammad Albar (Sekretaris Dewan Syuro) dan Ahmad Faqih (Sekretaris Dewan Tanfidz) serta Amir Husein (Bendahara Dewan Tanfidz).

KH Nur Hidayatullah sebelumnya memegang jabatan yang sama, Muhammad Albar merupakan mantan Ketua Dewan Tanfidz dan kini menjabat Wakil Bupati Wonosobo. Ahmad Faqih dan Amir Husein Sekretaris dan Bendahara DPC PKB sebelumnya.

Ketua Panitia Muscab DPC PKB Wonosobo Ahmad Faqih mengatakan mekanisme Muscab PKB kali ini berbeda dari Muscab sebelumnya. Karena Ketua Dewan Syuro dan Dewan Tanfidz tidak dipilih peserta tapi ditetapkan DPP PKB.

DPC PKB tinggal mengirimkan beberapa nama yang diusulkan dapat pleno DPAC PKB ke DPP PKB. DPP PKB lalu menetapkan nama Ketua dan Sekretaris Dewan Syuro dan Ketua, Sekretaris serta Bendahara Dewan Tanfidz PKB,” terangnya.

Rekomendasi

Pelaksanaan Muscab PKB Wonosobo di Hotel Kresna setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

Dalam Muscab PKB, panitia tinggal membacakan SK kepengurusan yang sudah ditetapkan DPP PKB. Muscab PKB juga membahas program kerja partai lima tahun mendatang dan rekomendasi internal dan eksternal.

“Rekomendasi internal meliputi partai harus memiliki Kantor DPC PKB. Calon anggota legislatif harus mendapat rekomendasi DPAC dan Ranting PKB. Penyaluran aspirasi anggota DPRD harus dikoordinasikan dengan DPAC dan Ranting PKB,” sebutnya.

Sedang eksternal, sambung dia, Pemkab Wonosobo harus bisa mengawal pembentukan dan penerapan Perda Pesantren dan Perda Hiburan dan Pengelolaan Tempat Wisata. Kebijakan pemerintah juga harus berpihak pada masyarakat.

Ahmad Faqih, mengatakan karena masih dalam masa pandemi global Covid-19, hari ini Muscab DPC PKB digelar serentak se-Jawa Tengah dan DIY secara virtual. Semua peserta menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar (Gus Ami) dan Ketua DPW PKB Jawa Tengah M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) memberikan pengarahan kepada pengurus PKB secara virtual melalui aplikasi zoom. Tidak hadir secara fisik dilokasi Muscab PKB,” pungkasnya.

Muharno Zarka