blank
Di objek wisata Svarga Bumi, para pengunjung bisa berfoto ria di tengah sawah yang sedang dipanen padinya. Foto: Widiyas Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Candi Borobudur menjadi magnet daya tarik wisatawan baik nusantara maupun manca. Di sekitar kawasan Candi Borobudur banyak objek-objek wisata bermunculan untuk menambah lamanya kunjungan wisatawan.

Salah satunya yakni Svarga Bumi yang ada di Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur ini lain dari pada lainnya, berupa objek wisata alam berupa hamparan sawah yan instagramable berlatar belakang Candi Borobudur.

Di hamparan sawah seluas 3 hektare tersebut, pengunjung bisa berswafoto di 20 titik dengan lokasi yang menyuguhkan keindahan alam yang bisa dipilih. Seperti tempat tidur dilengkapi kasur yang digantung tali dan seolah melayang dengan latar belakang Bukit Menoreh dan lainnya.

Keberadaan objek wisata Svarga Bumi ini, menjadik pilihan lain bagi wisatawan yang berkunjung ke Magelang selain ke Candi Borobudur. Selain itu, lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari candi peninggalan Dinasty Syailendra tersebut, atau hanya berjarak sekitar 200 meter di sisi selatan candi.

blank
Panorama objek wisata Svarga Bumi yang ada di Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, dari kejauhan Nampak tumpukan stupa Candi Borobudur foto: Widiyas Cahyono

Para wisatawan tidak perlu takut becek saat berjalan di antara petak-petak sawah, karena pematang sawah yang dijadikan jalan tersebut sudah dilapisi dengan kayu-kayu yang tertata rapid an kuat.

Bila sedang beruntung, wisatawan juga bisa menyaksikan para petani mengolah sawah seperti ngluku (membajak), ndaud ( menyiangi rumput hama), tandur ( menanam bibit padi) atau saat panen padi sambil berfoto ria di spot-spot yang berada di tengah sawah.

Di tempat wisata yang ada di Jalan Raya antardusun yakni Dusun Ngaran dengan Dusun Gopalan tersebut, mempunyai empat pemandangan. Di sebelah timur, bila cuaca cerah wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu, sebelah barat ada Gunung Sumbing, sebelah utara pemandangan puncak Candi Borobudur dan sisi selatan Bukit Menoreh.

Pengelola objek wisata Svarga Bumi, Putranto Cahyono mengatakan, keberadaan Svargabumi sebagai salah satu objek wisata mempunyai nilai positif lahan sawah akhirnya bisa naik kelas, tanpa mengurangi ketahanan pangan, karena sawah tetap produktif.

Menurutnya, dirinya sengaja menyewa lahan sawah tersebut dan para pemilik sawah tetap bisa mengelola dan menikmati hasil panennya.

Untuk masuk ke lokasi wisata tersebut, para wisatawan yang baru saja berkunjung ke Candi Borobudur langsung menuju arah selatan menuju Dusun Ngaran. Sedangkan harga tiket masuk, wisatawan cukup membayar Rp25.000 untuk dewasa, dan Rp15.000 untuk anak-anak. Jam operasional dibuka mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB hari Senin sampai Minggu, kecuali hari Kamis tutup.

Widiyas Cahyono