blank
Menteri Sosial Risma Triharini didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Temanggung M Al Khadziq menandatangani prasasti peresmian Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Disabilitas ‘Kartini” Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Kementerian Sosial akan membangun  41 Sentra Kreasi Atensi (SKA) di 41 balai besar yang ada di bawah Kementerian Sosial.

“Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Disabilitas ‘Kartini’ Temanggung ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya sudah ada di Balai  Karya Pangudi Luhur, Bekasi,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meresmikan SKA Kartini di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, Jumat ( 4/3).

Risma mengatakan, pada tahun ini  pihaknua meminta Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik “Prof Dr Soeharso” Surakarta untuk membuat 300 kursi roda elektrik, hal yang sama juga dilakukan di Balai Besar di Makassar.

Selain itu, di Balai Cibinong untuk membuat sepeda motor roda tiga dengan harapan penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa mempunyai aksesbilitas yang lebih baik karena menggunakan kendaraan yang bisa digunakan untuk bekerja.

“Melalui SKA seperti ini para penyandang disabilitas diajari membuat produk dan memasarkannya, seperti batik ciprat dan berbagai kerajinan, kemudian usaha laundri, kafe, dan juga usaha ternak ayam petelur,” kata mantan Wali Kota Surabaya ini.

Ia menambahkan, melalui SKA tersebut, barang-barang karya penyandang disabilitas menjadi objeknya sehingga produk yang bagus itu mesti ada pasarnya. Dan pihaknya akan  membantu untuk mempromosikannya.

Balai Besar Disabilitas Kartini Kabupaten Temanggung  yang merupakan tempat usaha yang pengelolaannya melibatkan penyandang disabilitas. Dalam SKA tersebut terdapat kafe dan sentra kuliner menyediakan makanan, minuman dan aneka jajanan yang dijual oleh penyandang disabilitas serta pelaku usaha kuliner lokal.

Selain itu juga terdapat, toko, usaha laundry, dan galeri yang memamerkan dan menjual hasil karya penyandang disabilitas berupa batik ciprat, tas, kerajinan kayu, dan beragam kerajinan tangan lainnya.

Yon-wied