blank
Foto: ilustrasi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Seorang perempuan berinisial R (20), warga Desa Tlogotirto, Kecamatan Gabus, dinyatakan meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke Puskesmas Gabus I, Kamis (4/3/2021).

Korban meninggal lantaran tersetrum arus listrik saat hendak melepaskan kabel pengisi daya ponsel dari stop kontak. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Gabus, Iptu Sunarto.

“Benar telah terjadi warga tersetrum listrik di Desa Tlogotirto. Korban sempat dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat, namun akhirnya meninggal dunia,” ujar Iptu Sunarto, saat dikonfirmasi.

Diterangkan Iptu Sunarto, sebelum terjadi peristiwa kesetrum, korban sempat mengisi daya ponselnya dan kemudian ditinggal mandi. Usai mandi, korban diberitahu Parmi (70), ibunya, jika ponselnya berdering.

Mendapat informasi dari ibunya, korban langsung melepaskan kabel charger tersebut dengan tangan kirinya. Dalam waktu singkat, korban tersetrum, jatuh ke lantai dan tak sadarkan diri.

“Ibu korban langsung berteriak minta tolong. Teriakan tersebut didengar tetangganya dan melihat korban sudah tak sadarkan diri, meteran listrik langsung dimatikan dan segera mencopot kabel dari stop kontak tersebut. Kemudian, korban yang saat itu masih bernafas segera dilarikan suaminya ke Puskesmas Gabus I,” jelas Iptu Sunarto.

Namun, sesampainya di Puskesmas Gabus, korban dinyatakan meninggal oleh tim dokter. Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat dan dilanjutkan ke Mapolres Gabus.

Dari hasil pemeriksaan dan olah TKP oleh tim medis dan inafis Polres Grobogan serta unit Reskrim Polsek Gabus, saat menyentuh kabel charger, korban dalam keadaan tak menggunakan alas kaki di atas tanah yang lembab.

“Kemudian, tangan korban dalam keadaan basah. Tidak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban, hanya luka lecet bakar di jari manis sebelah kiri,” tambah Kapolsek.

Usai pemeriksaan luar, jasad korban langsung diserahkan pihak keluarga untuk dimakamkan.

Adanya insiden ini, Kapolsek mengimbau agar warga berhati-hati saat melakukan kegiatan yang berhubungan arus listrik. Terutama saat melepas kabel usai melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air.

“Lebih berhati-hati dan pastikan keamanan dalam penggunaan alat yang berhubungan dengan listrik,” imbau pria yang pernah menjabat sebagai KBO Lantas Polres Grobogan ini.

Hana Eswe.