blank
Petugas dari Bidpropam Polda Jateng saat mengecek senpi milik personel Polres Grobogan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bidpropam Polda Jateng melakukan pemeriksaan senjata api yang dipergunakan personel di jajaran Polres Grobogan sampai ke Polsek di halaman Mapolres, Purwodadi. Pengecekan ini sifatnya sebagai pengawasan dan pengendalian.

Masing-masing personel dicek satu per satu senjata api yang dipergunakan dalam setiap pelaksanaan tugas.  “Tak hanya dicek surat kelengkapan administrasinya saja, senjata api tersebut juga diperiksa kondisi kebersihan fisiknya,” kata Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Kamis (4/2/20210.

Sementara itu, Bid Propam Polda Jateng, Iptu Walidi menjelaskan para personel pemegang senpi agar selalu berhati-hati dalam menyimpan dan menggunakan senjata apinya.

“Tujuan yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri. Khususnya, anggota Polres Grobogan dan bagi personel pemegang senpi agar menjaga dan merawat. Jangan sampai melakukan pelanggaran,” jelas Iptu Walidi.

blank
Tes urine dilakukan rutin untuk mengecek ada tidaknya indikasi penyalahgunaan narkoba yang dilakukan personel. Foto : hana eswe.

Cek Urine

Tak hanya dicek senjata apinya saja, para personel juga mengikuti tes urine. Tes ini dilakukan secara rutin untuk mencegah anggota Polri terjerumus dalam lingkaran penggunaan dan perdagangan narkoba. Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan Urkes Polres Grobogan, tidak ada anggota yang terindikasi menggunakan narkoba.

“Apabila ditemukan ada personel sebagai pemakai narkoba, akan kami rehabilitasi dan akan menjalani hukuman disiplin. Sedangkan bila ada anggota yang mengedarkan narkoba akan kami tindak tegas dengan pemecatan dan melalui prosedur yang ada,” kata Kapolres.

Hana Eswe-wied