blank
Tangkapan layar pertemuan pesohor Raffi Ahmad (kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (19/2/2020). Raffi menyambangi PSSI untuk mendukung penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut timnas U-23 Argentina dan Pantai Gading menunda kedatangan ke Indonesia karena pandemi COVID-19.

“Argentina dan Pantai Gading masih ‘on hold’. Situasi di sana tidak memungkinkan untuk keluar,” kata Iriawan di Jakarta, Selasa malam tadi.

Meski demikian, kata Iriawan, PSSI tetap memantau situasi dan perkembangan ke depan.

PSSI berencana mendatangkan timnas U-23 Argentina dan Pantai Gading ke Indonesia untuk menghadapi timnas U-22 yang tengah menjalani persiapan menuju SEA Games 2021.

Andai rencana itu benar-benar batal, Iriawan menegaskan PSSI tetap akan mencari lawan-lawan tangguh untuk timnas U-22.

Dia ingin skuad SEA Games 2021 bersua dengan tim-tim berkualitas tinggi seperti halnya timnas U-19 saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada 2020.

Di Kroasia, timnas U-19 sempat menghadapi tim-tim ternama seperti Bosnia Herzegovina, Kroasia, Bulgaria, Arab Saudi, Dinamo Zagreb dan Hajduk Split.

“Kami berharap timnas (yang disiapkan untuk SEA Games 2021) siap dan terbiasa melawan tim-tim kuat seperti adik-adik mereka di Kroasia kemarin,” tutur Iriawan.

Selain mengganggu kedatangan Argentina dan Pantai Gading, pandemi COVID-19 juga memaksa PSSI menangguhkan rencana latihan SEA Games di luar negeri.

Timnas Indonesia saat ini berlatih untuk SEA Games 2021 di Jakarta pada 8 Februari-6 Maret 2021 yang diikuti 36 pemain.

Di sela TC, skuad Garuda melakukan dua laga uji coba yakni melawan Tira Persikabo hari ini dan Bali United Jumat lusa.

Setelahnya, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk menyiapkan diri berlaga dalam turnamen pramusim Piala Menpora yang digelar 21 Maret-25 April.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas sepak bola putra yang terakhir kali diraih pada 1991.

Ant/Muha