blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Virus covid-19 varian baru, B1117 dikabarkan telah masuk ke Indonesia. Dua kasus varian baru itu ditemukan di Karawang, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya terus memantau kasus itu. Dia juga telah memerintahkan Kadinkes Jateng, untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

”Tentu kita akan pantau, dari Dinkes juga saya minta pantau terus dan kita koordinasi terus dengan pusat, agar kita bisa mencegah,” kata Ganjar, saat ditemui di kantornya, Rabu (3/3/2021).

BACA JUGA: 50 Warga Binaan Kembali ke Lapas Pekalongan, 50 Lainnya Dipindah Bertahap

Ditambahkan dia, dua orang yang teridentifikasi virus covid-19 varian baru itu, harus segera di-tracing. Informasinya, dua orang itu membawa virus varian baru dari Arab Saudi.

”Kalau tidak salah kan itu masuknya dari Arab ya, yang bawa dua orang itu. Maksud saya, kalau dua orang itu langsung di-tracing, maka langsung bisa diisolasi. Mereka tidak boleh keluar-keluar dulu, untuk mengantisipasi penyebarannya,” tegasnya.

Tim riset dari Kementerian Kesehatan juga harus segera mencari, sebenarnya varian baru itu seganas apa. Sehingga tindakan antisipasi bisa segera dilakukan. Ini harus cepat, kalau sudah ketemu dua orang itu harus segera diisolasi dulu.

BACA JUGA: MUI Berharap Bank Syariah Mampu Maksimalkan Sentuhan Literasi dan Kemudahan Layanan

”Kalau harus dilakukan treatmen khusus, maka kira-kira treatmen yang bisa menangkal seperti apa. Kan kalau mendengarkan ini cepat menular dan mematikan, apakah benar seganas itu. Maka jangan sampai orang takut semuanya,” tegasnya.

Ganjar juga mengusulkan, pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat. Sebab jika memang sudah terdeteksi adanya varian baru yang masuk, maka hal itu harus dilakukan.

”Menurut saya baik juga kalau ada varian baru dan sudah mulai terdeteksi, maka kita mesti hari-hati. Kalau perlu pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat mulai hari ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, varian baru virus corona Inggris, B1117, sudah masuk ke Indonesia. Dua orang warga Karawang, Jabar dikabarkan mengidap virus covid-19 varian baru itu.

Riyan-Sol