blank
Wakapolsek Blora Iptu Ashari Yuwono bersama Kepala Kelurahan Jetis Aris Widodo dalam sosialisasi Saber Pungli si balai kelurahan Jetis. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Polsek Blora Polres Blora Polda Jawa Tengah, melalui Kanit Binmas Ipda Sugiyanto bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Jetis Bripka Jiman melakukan sosialisasi tentang sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli).

Kegiatan digelar di Kelurahan Jetis Kecamatan Blora, Rabu, (03/03/2021), dengan sasaran perangkat kelurahan dan warga setempat.

Kegiatan yang digelar di balai kelurahan Jetis tersebut sebagai bentuk pencegahan dan pemberantasan pungli yang diatur dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016. Selain itu juga memberikan imbauan tentang pelayanan publik sebagaimana ketentuan dalam UU No 25 Tahun 2009.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama SIK melalui Wakapolsek Blora Iptu Ashari Yuwono mengungkapkan, kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini merupakan program pemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang bersih dan transparan.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah agar terwujud pelayanan publik yang bebas dari pungli, sehingga dapat terwujud kualitas pelayanan publik yang transparan serta sesuai dengan peraturan perundang undangan,” Kata Iptu Ashari Yuwono.

Kanit Binmas Ipda Sugiyanto bersama Bhabinkamtibmas kelurahan Jetis Bripka Jiman memberikan imbauan kepada perangkat kelurahan Jetis agar tidak melakukan pungli dalam pelayanan kepada warga masyarakat.

Kanit Binmas Polsek Blora menjelaskan, ada beberapa pelayanan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan yang rawan terjadi pungli. Yakni pelayanan pembuatan permohonan nikah, permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akte Lahir dan lain sebagainya.

“Di situ tugas kepala desa atau kepala kelurahan untuk memberikan petunjuk dan pemberitahuan kepada petugas pelayananan masyarakat agar tidak melakukan pungli,” ucap Ipda Sugiyanto.

Kegiatan yang dilakukan oleh Polsek Blora tersebut sesuai dengan program kerja 100 hari Kapolri serta program kerja 99 hari Bupati Blora H. Arief Rohman,M.Si terutama tentang peningkatan pelayanan publik.

“Ini sekaligus implementasi dari program kerja bapak Kapolri dan bapak Bupati Blora. Harapannya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, dan kami dari Polres Blora siap bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada,” tandas Wakapolsek Blora.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Jetis Aris Widodo menanggapi positif kegiatan tersebut. Pihaknya merasa terdukung dengan aktifnya Polsek Blora terutama dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di kelurahan Jetis.

“Dengan aktifnya Polsek Blora melalui Bhabinkamtibmas kami dari Kelurahan Jetis merasa terbantu dan lebih tenang dalam melaksanakan tugas,” ucap Lurah Jetis.

Kudnadi-wied