blank
Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik , Muchamad Supriyadi menyerahkan cindera mata kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud dalam acara pembukaan UKW. Foto: Humas SG.

REMBANG (SUARABARU.ID) Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jateng bersama PT Semen Gresik di hotel Novotel semarang, Jumat lalu, mendapatkan kejutan. Panitia ternyata menyediakan hadiah bagi 10 penulis berita tentang kegiatan tersebut, yang diunggah di medianya masing-masing.

“Kami menyediakan hadiah uang tunai untuk lima penulis berita terpilih. Kemudian semua penulis berita juga mendapatkan suvenir dari kami,” kata Manager Institutional Relations PT Semen Gresik, Yeni Indah Lestari dalam rilis yang dikirim ke suarabaru.id, hari ini.

Untuk berita terpilih yang pertama ditayangkan di r2brembang.com dengan penulis Musyafa, berita terpilih kedua dimuat di radioidola.com (Aris Budi Susanto). Keduanya masing-masing mendapatkan uang tunai dari PT Semen Gresik masing-masing Rp 750.000 dan Rp 500.000.

“Kemudian tiga berita terpilih lainnya masing-masing mendapat Rp 250 ribu, yaitu dimuat di jateng.inews.id penulis Septi Wulandari, suarabaru.id wartawan Ulil Abshor), dan Times Indonesia wartawan Estanto Prima Yuniarto,” kata Yeni Indah Lestari.

blank
Para peserta mengikuti uji kompetensi dengan dibimbing serta diuji secara langsung oleh asesor Uji Kompetensi Wartawan dari PWI Pusat. Foto: Humas SG.

Ternyata dari seluruh peserta, yang mengirimkan beritanya kepada panitia hany 10 orang. Selain lima peserta yang mendapatkan uang tunai, lima penulis berita sisanya mendapatkan suvenir menarik dari PT Semen Gresik.

Penyelenggaraan  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2021 yang diprakarsai PT Semen Gresik (SG) dan PWI Jawa Tengah di Hotel Novotel Semarang, 26-27 Februari 2021 berjalan sukses dengan protokol kesehatan ketat.

“Semua peserta yang jumlahnya 24 orang, penguji, dan panitia sudah menjalani rapid test antigen sehari sebelum kegiatan dilangsungkan,” kata Yeni.

Ganjar Pranowo dalam acara pembukaan memberikan apresiasi kepada SG yang ikut mendukung UKW melalui program media relations. SG telah turut  berperan mengedukasi wartawan agar lebih profesional.

“UKW adalah investasi dan optimisme agar wartawan lebih berkualitas, profesional dalam bekerja, dan kesiapan menghadapi turbulensi bisnis media, dimana perubahan begitu cepat,” kata Ganjar.

blank
Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi memberikan kata sambutan dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan bersinergi dengan PWI Jateng, Foto: Humas SG.

Semen Gresik Tetap Berkomitmen

Sementara Direktur Keuangan Semen Gresik Muchamad Supriyadi mengungkapkan, pihaknya berkomitmen  dan konsisten mendukung  upaya peningkatan kompetensi dan pendidikan wartawan.

Menurut dia, keterlibatan Semen Gresik turut memprakarsai dan men-support UKW jangan diartikan sebagai upaya mengkondisikan pekerja media, namun wujud kolaborasi dan sinergitas korporasinya dengan media yang selama ini sudah terjalin erat.

‘’Kami sudah tiga kali mendukung program UKW sejak 2018, dan dua kali bekerja sama dengan PWI Jateng mengadakan UKW yaitu tahun 2019 dan 2021. Tahun 2020 sempat terhenti karena pandemi Covid-19.  Semoga jalinan komunikasi, kolaborasi dan sinergi makin kokoh ke depannya,’’ kata Muchamad Supriyadi dalam rilisnya, Senin, 01 Maret 2021.

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS menilai Semen Gresik  sebagai salah satu korporasi yang paling terbuka dan memiliki hubungan yang baik dengan segenap rekan-rekan media, khususnya PWI Jateng.

Menurut dia, pihaknya akan  gencar mengadakan UKW sebaga program primadona PWI. Sasarannya membekali wartawan dengan skill jurnalistik sehingga punya kompetensi dalam bertugas.

Tujuan UKW agar wartawan punya kompetensi, tidak hanya diukur dari sisi pengetahuan dan kemampuan menghasilkan karya jurnalistik. Namun lebih dari itu,  punya profesionalisme  dan idealisme kewartawanan yang meliputi kejujuran, integritas, punya  kepedulian sosial, dan ketulusan hati.

UKW yang diselenggarakan SG ini adalah yang ketiga kalinya sejak tahun 2018 dengan kerja sama dengan PWI JATENG yang kedua kali.

“SG berkomitmen menjadikan kegiatan UKW ini sebagai program tahunan unggulan dalam mendukung hubungan media yang baik dan konstruktif,” kata Amir Machmud.

wied