blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) : Ingatkah anda bahwa hari ini 02 Maret 2021 genap satu tahun virus Corona diumumkan pertama kali menginfeksi warga Indonesia.

Yaa…satu tahun yang lalu tanggal 02 Maret 2020 warga Depok Jawa Barat, tepatnya seorang Ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun positif terinfeksi virus Corona.

Mitos bahwa Indonesia kebal corona pun akhirnya terbantahkan.

Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Terawan saat itu mengumumkan hal ini secara langsung dan menjadi awal perjuangan bangsa ini menghadapi pandemi.

Hingga hari ini tercatat sudah satu juta lebih kasus konfirmasi positif dan sekitar 36.000 kasus kematian di tanah air.

Tertular WN Jepang Saat Dansa

Dalam penjelasannya kementrian kesehatan menduga sang anak tertular dengan warga negara Jepang saat berdansa di sebuah klub malam di Jakarta pada tanggal 14 Februari 2020.

“Saat itu ada sekitar 50 orang yang berdansa, kemudian tanggal 16 Februari wanita ini mengalami batuk dan agak panas” kata Achmad Yurianto, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Yuri menjelaskan bahwa pihaknya berupaya melakukan tracking dengan pemeriksaan lebih lanjut.

Sudah Periksa tapi Belum Terdeteksi

Awalnya perempuan berusia 31 tahun itu tak terdiagnosa Corona dan setelah periksa di RS Mitra keluarga Depok, pada tanggal 16 Februari,diperbolehkan pulang oleh dokter.

Ia kemudian dirawat dirumah oleh ibunya. Namun kondisi perempuan itu tak kunjung membaik dan bahkan sang ibu yang merawatnya ikut sakit panas dan demam.

“Maka dua-duanya memutuskan minta dirawat di RS, jadi tanggal 27 Februari ibu dan anak dirawat di RS.

Keesokan harinya pada tanggal 28 Februari, warga Jepang yang berdansa sudah berada di Singapura dan mengabarkan bahwa ia positif Corona, kemudian ibu dan anak melaporkan kepada petugas RS Mitra keluarga.

Keduanya lalu dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso dan dilakukan tes pada tanggal 1 Maret dan confirm positif Corona.

Saat mengumumkan kasus pertama virus ini, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah siap menghadapi virus asal China ini.

Ber/SS