blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menandatangani berita acara program TMMD Reguler 110 di Pendopo Bupati. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyebut program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat. Melalui program TMMD, saya harap kekompakan dan sinergisitas antara TNI dan masyarakat akan senantiasa terjalin erat,” katanya.

Afif mengatakan hal itu saat membuka program TMMD Reguler ke-110 oleh Kodim 0707 di Pendopo Bupati Wonosobo, Selasa (2/3). Program TMMD sendiri dilaksanakan di Desa Gemblengan Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo.

Dengan mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, program TMMD harus disukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila didukung kerjasama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, POLRI, Pemda maupun masyarakat.

“Saya menghimbau agar TNI, POLRI, Pemerintah Desa, dan masyarakat Desa Gemblengan dapat saling bahu-membahu dan bergotong royong dalam melaksanakan program pembangunan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” pintanya.

Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI. Nilai-nilai ini merupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai permasalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran dan pembangunan SDM.

“Kekompakan peran antara TNI dengan rakyat harus senantiasa dipupuk. Sehingga dapat terjalin kokoh dan tidak mudah goyah oleh berbagai kesulitan yang menerpa. Keharmonisan hubungan antara TNI dan masyarakat jangan sampai pudar meskipun program pembangunan di Desa Gemblengan telah selesai dilaksanakan,” katanya.

Desa Maju

blank
Pelaksanaan pembangunan jalan program TMMD Reguler 110 di Desa Gemblengan Garung Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Afif, pelaksanaan program TMMD terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik TMMD, seperti pembangunan pengerasan jalan dan bangunan pendukungnya.

“Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara, narkoba dan terorisme, penyuluhan kesehatan dan lingkungan hidup, penyuluhan Wajar Dikdas 12 tahun, pelayanan administrasi kependudukan dan lain-lain,” paparnya.

Program TMMD di Desa Gemblengan dilaksanakan mulai tanggal 2 Maret hingga 31 Maret 2021.
Kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Gemblengan Garung, pihaknya berharap semoga kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Kami mohon maaf bahwa pelaksanaan pembukaan kegiatan TMMD ini tidak dapat dilaksanakan di desa, karena kondisi belum memungkinkan, dan masih dalam situasi kewaspadaan penularan Covid-19,” ujarnya.

Afif menyampaikan terimakasih atas dukungan dan peran serta masyarakat Desa Gemblengan, khususnya warga yang merelakan tanahnya untuk pembuatan badan jalan sehingga kegiatan TMMD Reguler ini dapat terlaksana. Semoga diterima dan dicatat sebagai amal baik.

“Melalui program TMMD ini, mari optimalkan berbagai program lintas sektoral untuk Wonosobo yang semakin baik dan sejahtera. Saya ingin desa semakin maju, mandiri, serta kehidupan masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera. Inilah cita cita yang harus diwujudkan bersama,” ujarnya.

Bupati berpesan, warga tetao tetap mematuhi dan terapkan protokol kesehatan, divmanapun dan kapanpun. Karena setiap individu dan masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya meredam penyebaran dan penularan Covid-19.

Muharno Zarka