blank
Menjelang musim tanam tembakau, para petani tembakau di Temanggung mulai semai bibit benih unggulan. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)– Menjelang musim tanam, para petani tembakau di lereng Gunung Sindoro mulai  melakukan penyemaian benih bibit tembakau mandiri. Adapun benih tembakau yang disemai yakni, varietas Kemloko 3.

“Dari berbagai varietas tembakau Kemloko 1 hingga 7, benih tembakau Kemloko 3 ini dinilai lebih cocok dengan tanah dan cuaca di  sini (Tlahab, red),” kata Ponadi, salah satu petani tembakau di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Ponadi mengatakan,  penyemaian mandiri benih bibit  tembakau  mandiri tersebut dilakukan sesuai dengan program Pemerintah Temanggung yang sedang berupaya melakukan pemurnian tembakau Temanggung.

Selain itu, dengan pembenihan mandiri ini juga bertujuan  menghemat biaya tanam. Sedangkan, kebutuhan petani untuk tanam jumlahnya cukup banyak.

“Kami telah lama  melakukan pembenihan mandiri, karena dengan cara ini bisa merencanakan penanaman tembakau dengan baik. Dan banyak sekali untungnya. Tidak hanya bisa mendapatkan benih yang bagus, tetapi juga bisa merencanakan tanam yang tepat,” tuturnya.

Yon-wied