Atap rumah warga di Desa Werdoyo tersangkut di pohon, usai terkena tiupan angin kencang, Senin (1/3/2021) petang. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Hujan disertai angin kencang mengakibatkan atap rumah warga dan sebuah sekolah di Desa Werdoyo, Kecamatan Godong dan Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, mengalami kerusakan. Insiden itu terjadi Senin (1/3/2021) petang.

Dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih, melalui Kasi Kedaruratan, Masrikan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Menurut dia, pihaknya mendapatkan keterangan dari warga, hujan deras melanda wilayah mereka. Tiba-tiba angin kencang berhembus dan menyebabkan atap beberapa rumah dan satu unit sekolah rusak ringan.

”Atap beberapa rumah warga yang rusak ringan ada di Desa Werdoyo, Kecamatan Godong. Atap terbuat dari seng berterbangan saat angin bertiup kencang. Hal yang sama juga terjadi di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, tepatnya di SMPN 2 Gubug, dimana genteng berterbangan dan jatuh di pelataran tempat parkir yang menyebabkan kerusakan ringan. Terdata ada delapan rumah mengalami kerusakan,” ujar Masrikan.

Atap sekolah SMPN 2 Gubug yang berbahan pres, juga berterbangan saat hujan disertai angin kencang. Foto: hana eswe

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Salah satu pemilik rumah yang atapnya mengalami kerusakan, Narto, warga Desa Werdoyo ini, tidak menyangka atap yang terbuat dari asbes itu berterbangan pada saat hujan deras disertai angin kencang.

Setelah hujan dan angin mereda, tim TRC BPBD Grobogan bersama warga, melakukan pembersihan puing-puing atap yang berserakan. ”Kami langsung ambil tindakan, membantu warga yang atap rumahnya mengalami kerusakan. Bersama warga, kami juga membersihkan puing-puing yang berserakan,” pungkasnya.

Hana Eswe-Riyan