blank
Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho SH M.Hum tengah menyampaikan amanat dalam Upacara wisuda periode 1 tahun 2021 yang berlangsung secara daring dan luring , di kampus setempat, Sabtu (27/2) (Dok/Humas UNS)

SURAKARTA(SUARABARU.ID) Sebanyak 1.402 sarjana baru lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta diwisuda Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum.

Upacara wisuda periode 1 tahun 2021 berlangsung secara daring dan luring dihadiri Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarianto, S.T., M.Sc., PhD., anggota senat, dewan profesor, dan pimpinan fakultas di Kampus Kentingan Solo, Sabtu (27/2).

Tercatat 654 wisudawan atau sekitar 46 persen diantara sarjana baru yang diwisuda, dinyatkn lulus dengan predikat Cumlaude atau dengan pujian.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Prof Ahmad Yunus melaporkan, upacara wisuda periode 1 tahun 2021 diikuti 1.402 wisudawan dari berbagai jenjang studi. Tercatat 43 wisudawan berasal dari program Doktoral, sedangkan dari Program Magister sebanyak 211 wisudawan dan 48 wisudawan dari Program Pendidikan Dokter Spesialis.

Dari Program Sarjana tercatat 947 sarjana baru dari 11 Fakultas di UNS diikuti 153 wisudawan dari Sekolah Vokasi UNS.

“Dari 1.402 wisudawan, sebanyak 654 di antaranya berpredikat cumlaude atau dengan pujian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyumbang wisudawan berpredikat cumlaude terbanyak yakni 164 wisudawan”, terangnya.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutannya mengingatkan para wisudawan untuk senantiasa berkolaborasi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bangsa ini.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, negara sangat membutuhkan kehadiran dan solidaritas kita selaku akademisi untuk membantu menyelesaikan isu-isu kemanusiaan yang amat kompleks dan pelik serta harus segera diatasi sebagai akibat Pandemi Covid -19. Saatnya kita harus berkolaborasi antardisiplin ilmu dan tidak lagi harus berpikir linier, ” tegas Prof. Jamal sembari mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

Semoga ilmu yang didapat selama kuliah dapat digunakan sebaik-baiknya untuk membantu bangsa.

Bagus Adji