blank
Marur Hadi (kedua dari kanan), berfoto bersama para juara yang lain, usai pertandingan. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu yang digelar di Lapangan Menembak Perbakin Jateng, kompleks GOR Jatidiri, Semarang, Minggu (28/2/2021), memunculkan petembak asal Nganjuk, Jawa Timur, Marur Hadi, sebagai yang terbaik.

Marur dalam nomor final Shoot Off, mengungguli Ari Setya (DIY) dengan poin 26-20. Pada kegiatan yang digelar Pengprov Perbakin Jateng sejak Jumat (26/2/2021) di Hotel Patra, dan dilanjutkan di lapangan menembak Jatidiri, Minggu (28/2/2021), diikuti 37 peserta dari berbagai daerah seperti Jateng, DIY, Jatim, Kalimantan Tengah dan Atambua.

Pada uji praktik di lapangan, 37 peserta dibagi menjadi tujuh kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari lima peserta. Tiap kelompok diberi waktu dua menit, untuk membidik sasaran berjarak 50 meter.

BACA JUGA: Bupati Kendal Dico M Ganinduto Buka PKD Bagi PAC GP Ansor

blank
Marur Hadi sedang membidik target pada final shoot off, pada Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu, di Lapangan Menembak Jatidiri, Semarang, Minggu (28/2/2021). Foto: spr

Setelah sesi itu, diketahui beberapa peserta dinyatakan tidak lulus karena skornya di bawah 60. Ada pun empat peserta yang memperoleh poin tertinggi 80 yakni, Marur Hadi (Nganjuk), Ari Setya (DIY), Taufan (Tegal) dan Agung Nugraha (Surakarta).

Untuk menentukan peserta terbaik, maka keempatnya melakukan Shoot Off dengan lima peluru dalam waktu 120 detik. Hasilnya, Taufan menempati peringkat ketiga dan Agung keempat. Sedangkan Marur dan Ari memiliki nilai sama, sehingga dilakukan final Shoot Off, dan Marur tampil sebagai pemenang, sehingga dinobatkan sebagai peserta terbaik.

Atas prestasinya itu, Marur mendapatkan “hadiah” dari hasil pengumpulan dana spontan dari seluruh peserta. Sedangkan peserta yang lulus mendapatkan sertifikat, untuk menjadi anggota Perbakin di wilayah masing-masing.

BACA JUGA: Berwisata ke Pantai Ombak Mati Jepara, Kita Tak Mendengar Suara Deburan Ombak

Babak Shoot Off, meskipun bukan even resmi untuk menentukan juara, namun berlangsung seru, seperti lomba sesungguhnya. Masing-masing peserta sangat fokus untuk membidik target, agar mendapat poin tinggi. Tak jarang peserta lain seperti menjadi suporter, dengan menyebut namanya agar tampil semangat.

Dalam even ini, hadir pengurus Pengprov Perbakin Jateng, seperti Wakil Ketua I Helly Sulistyanto dan mantan Ketua Pengprov Jateng Mayjen TNI (Pur) Djoko Subroto.

Dalam Pelatsar dan Uji Kemampuan itu, ada tiga penatar yang memberikan materi teori menembak, yakni Helly Sulistyanto, dua lainnya dari PB Perbakin, Heru Wasto dan Beny Martapa, juga dari Dokes Polda Jateng dr Rahayu.

”Jika peserta diyatakan lulus dan mendapat sertifikat, maka yang bersangkutan berhak untuk memiliki senjata api,” terang Helly.

Materi pelatihan, mulai dari teori hingga praktik. Peserta menjalani ujian teori pada Sabtu dan pada Minggu dilakukan ujian praktik.

Sigit PR-Riyan