blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto foto bersama dengan sejumlah anggota PAC GP Ansor Kaliwungu.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) bagi PAC GP Ansor Kaliwungu, di Aula SMK NU 03 Kaliwungu, Minggu(28/02/2021).

“Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) harus bisa menjadi tauladan. Baik dalam menjaga kebhinekaan maupun kebangkitan ekonomi,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Menurut Dico, kebhinekaan itu penting agar NKRI tetap terjaga. Selain itu, Banser harus menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI, di samping tugasnya untuk menjaga para ulama dan kiai.

“Sekarang ini banyak pemuda berlomba-lomba mencari pekerjaan, maka GP Ansor harus berpikir dan bertindak bagaimana bisa menciptakan lapangan pekerjaan itu,” ujanya.

Salah satunya dengan menumbuhkan UMKM ditingkatan desa. Karena menurut Dico, UMKM di Kendal memiliki potensi yang luar biasa.

Dico akan mendukung dengan ikut mempromosikan produk UMKM di Kendal. Sehingga nantinya bisa dikenal di seluruh nusantara.

“Untuk itu mari kita perbaiki kualitas produk UMKM yang ada di Kabupaten Kendal,” jelas Dico.

Dico sendiri juga merupakan kader GP Ansor. Ia ingin memberikan program untuk GP Ansor Kendal khususnya Kaliwungu dalam bidang kewirausahaan. Sehingga bisa memberikan manfaat bagi warga NU di Kabupaten Kendal.

Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbachul Munir mengaku senang Kabupaten Kendal dipimpin oleh kader Ansor.

“Saya berharap, kehadiran Bupati Dico ini bisa memberi semangat bagi kader-kader Ansor yang di Kaliwungu,”kata Misbachul Munir.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor, Ali Nurudin mengatakan, peserta PKD Ansor diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari perwakilan utusan dari sembilan ranting di sembilan desa yang ada di Kecamatan Kaliwungu. “PKD merupakan pendidikan kader yang harus ditempuh dalam jenjang perkaderan di GP Ansor,” kata Ali Nurudin. Agung-mm