blank
Angin kencang menyebabkan bangunan rumah makan "Raja Sop" di Desa Tersobo, Prembun, Kebumen, roboh.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hujan disertai angin kencang  melanda wilayah Kabupaten Kebumen sejak Sabu sore (27/2) hingag Minggu (28/2) dinihari, menyebabkan pohon tumbang di 37 titik di 9 kecamatan. Bahkan aliran listrik di sejumlah lokasi bencana masih padam hingga Mingg sore.

Di Kecamatan Prembun dan Padureso angin ribut menyebabkan bencana pohon roboh di sejumlah lokasi. Di Desa Terboso sebuah rumah makan ambruk diterjang angin puting beliung. Di Desa Sembir Kadipaten dan Pesuningan pohon tumbang menutup jalan.

“Sejak Sabtu malam Pukul 20.30 hingga Minggu sore (28/2) ini listrik di desa kami masih padam,”keluh tokoh masyarakat  Desa Sembir Kadipaten, Kecamatan  Prembun H Agus Septadi. Pihaknya juga disibukkan dengan kerusakan mushala terkena angin lisus dan pepohonan patah menimpa atap rumah.

 

blank
Pohon tumbang di jalan Prembun-Pituruh Purworejo,disertai listrik padam.(Foto:SB/Ist)

Sedangkan Humas Polsdaops BPBD Kebumen Heri Purwoto mengungkapkan, bencana akibat hujan yang terjadi sejak Sabtu (27/2) Pukul 17.40-21.00 disertai angin kencang menyebabkan pohon  tumbang di sejumla lokasi.

Pusdalops BPBD Kebumen melaporkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang mengguyur di beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen memasuki awal malam hari didominasi hujan merata.

Pada Pukul 20.00 sebagian wilayah barat sudah mulai hujan lebat dan bergeser ke arah timur Kebumen kondisi hujan lebat ini mengakibatkan beberapa pohon tumbang yang di dominasi menutup jalan dan mengganggu lalulintas serta jaringan PLN.

Sampai saat ini laporan yang tercatat di Pusdalops BPBD Kabupaten Kebumen di 37 titik lokasi yang tersebar di 9 Kecamatan meliputi  Kecamatan Kebumen (7 titik), Klirong (2 titik),  Karangsambung (2 titik), Mirit (5 titik). Selanjutnya di Kecamatan Ambal,  Kutowinangun (3 titik), Prembun (4 titik), Padureso (1 titik), Bulus pesantren (5 titik),

Di Kecamatan Kebumen telah terjadi pohon tumbang di Desa Gesikan, yang disebabkan oleh hujan deras dan disertai angin kencang sehingga pohon  roboh menutup akses jalan raya, jaringan PLN dan hampir menimpa rumah warga. Kondisi saat ini pohon sudah di tangani.

Di Desa Kalibagor telah terjadi pohon tumbang disebabkan oleh hujan deras dan disertai angin kencang  menimpa  rumah dan menutup akses jalan.  Kondisi  Kondisi saat ini akses jalan sudah dapat dilewati dan rumah telah ditangani

Di Desa Kalijirek pohon tumbang menimpa pemilik rumah Nur Hamid (57). Petani alamat RT. 08/02 Dk. Karangrejo. Kondisi saat ini sudah ditangani. Pohon tumbang  menimpa rumah milik Rodiyah (68) buruh harian lepas, alamat RT. 08/02 Dk. Karangrejo Desa Kalijirek.

Kebumen Timur

 

Kondisi cukup parah akibat angin kencang juga menimpa wilayah Kecamatan Prembun di Kebumen timur. Telah terjadi pohon tumbang di RT 4 RW 1 Dukuh Kalandakan, Desa  Pesuningan, yang disebabkan hujan deras dan di sertai angin kencang menimpa rumah warga.

Pohon tumbang  terjadi pula di Dusun Sadang RT 01/04 Desa Bagung. Kondisi saat ini pohon belum ditangani dibutuhkan alat senso.  Di Desa Pesuningan telah terjadi pohon tumbang di RT 4 RW 3 yang disebabkan oleh  ujan deras disertai angin kencang menimpa dapur rumah warga. Kondisi saat ini pohon sudah  ditangani.

Bahkan rumah makan “Raja Sop“  di Desa  Tersobo ambruk disapu angin kencang.  Kerugian masih dalam pendataan dan kondisi rumah konstruksi  baja ringan belum di tangani.

Di Desa Bagung telah terjadi anging kencang di Desa  Bagung, Kecamatan Prembun, yang menyebabkan seng rumah kabur. Kondisi saat ini  rumah belum ditangani.

Sementara itu Fandi dari PLN Kebumen mengakui,  hujan disertai  angin kencang menyebabkan banyak pohon tumbang menimpa jaringan  PLN. Akibatnya saat ini terjadi gangguna di beberapa desa. Namun secara perlahan jaringan terus diperbaiki  dana menyala kembali sehingga pelanggan dimohon bersabar.

Komper Wardopo