SLAWI (SUARABARU.ID) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal i8y67tahun anggaran 2021 ini akan menyelenggarakan “Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan”. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dessy Arifianto mengatakan, maksud diadakannya lomba ini adalah untuk mensosialisasikan program – program kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tegal kepada seluruh masyarakat melalui konten–konten yang menarik. Jadi video yang dikirim harus kreatif, inspiratif dan mengedukasi.

Tujuan lomba ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang menyukai dunia akting, film, dan sinematografi untuk berkreativitas sekaligus memahami program–program pembangunan pemerintah daerah.

”Diharapkan dengan adanya lomba ini, generasi milenial yang selama ini hanya membuat konten video selfi atau eksistensi diri, bisa mengajak mereka untuk berpikir kreatif, inovatif, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat lain, mengetahui program pembangunan pemerintah melalui ide–ide pembuatan konten video,” kata Dessy, didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kusnianto, Jumat (26/2/2021).

Menurut Dessy Arifianto yang kegiatan lomba rencananya diselenggarakan tiga kali selama tahun 2021. Akan mengangkat 9 tema program pembangunan sesuai dengan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tegal tahun 2021. “Untuk sesi pertama bulan saat ini, ada tiga sub tema yang diangkat yaitu sub tema Cegah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh dan Desa Merdeka Sampah,” katanya.

Dijelaskan, kontens video Cegah Covid-19 antara lain bisa berisi tentang Pelaksanaan Protokol Kesehatan, Program Vaksinasi atau bisa juga video tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) skala Mikro. Video Pembelajaran Daring mengandung unsur antara lain bagaimana upaya masyarakat atau peserta didik didukung orang tua tetap semangat belajar secara mandiri melalui proses pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi. Kontens video Desa Merdeka Sampah dapat bersisi bagaimana menginspirasi dan mengedukasi penanganan dan pengurangan sampah dari skala kecil (rumah tangga), RT, RW, sampai ke tingkat desa.

Dessy menambahkan durasi maksimal video adalah 3 menit. Peserta bebas menggunakan alat apapun untuk pengambilan gambar maupun editing video (Kamera DSLR, Handycam, HP). Lomba konten video ini yang dikhususkan untuk warga Kabupaten Tegal. Bahasa pengantarnya atau dialog boleh menggunakan Bahasa Indonesia, dan Bahasa Tegal. Namun jika ada yang menggunakan Bahasa Tegal, atau Bahasa Asing, wajib mencantumkan terjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia.

Panitia menyediakan total hadiah 22,5 juta rupiah untuk tiga sub tema. Masing–masing sub tema akan dipilih 3 terbaik untuk mendapatkan hadiah uang pembinaan dan sertifikat. Cara mengikuti lomba ini sangat mudah, unggah Video Konten yang sudah jadi ke Google Drive, kemudian kirim link Google Drive-nya ke email : event@kominfo.go.id dengan dilampiri Formulir yang sudah disiapkan panitia. Video harus sudah masuk ke email panitia paling lambat 23 Maret 2021. “Bagi yang ingin mengikuti Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan, silahkan klik http://s.id/LkontenKreatif (perhatikan huruf besar kecilnya),” pungkasnya.

Arif Rahman