blank
Gungde Ariwangsa (Ketua Siwo PWI Pusat). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, akan menggelar Seminar Olahraga Nasional 2021, pada Rabu (24/3/2021) mendatang. Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa mengemukakan, seminar ini sekaligus mengawali Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI 2021.

Diharapkan, melalui kegiatan Seminar Olahraga Nasional ini, Siwo PWI ikut berperan membangkitkan kembali gairah olahraga di Tanah Air, setelah mengalami kelesuan di masa pandemi covid-19.

”Siwo PWI Pusat sangat mencermati imbauan Presiden RI Jokowi, saat puncak Haornas 2020 lalu, yang menyatakan Haornas dapat menjadi momentum untuk membangkitkan gairah olahraga di Tanah Air,” kata Ariwangsa, saat dihubungi dari Semarang, Kamis (25/2/2021).

BACA JUGA: Tsaniatus Salihah Ketua Forum Kesetaraan Keadilan Gender Jateng Menggantikan Indra Kertati

Ditambahkan dia, tak hanya memasyarakatkan olahraga, namun juga mendongkrak prestasi atlet. Selain itu, mengembangkan olahraga sebagai wadah memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia.

Menurut Ariwangsa, pernyataan Presiden itu patut didukung semua stakeholder olahraga di Tanah Air, apalagi ini juga akan ikut mendukung upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Sementara itu, Sekjen Siwo PWI Pusat, Suryansyah mengungkapkan, dalam seminar Nasional itu, panitia juga mengundang Menteri BUMN Erick Thohir, untuk menjadi keynote speaker, dengan pembicara Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Tegal Masuk Ruang Kerja Tanpa Ajudan dan Sopir

Selain itu diundang pula, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC), Raja Sapta Oktohari.
Seminar akan dibuka Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Suryansyah menambahkan, usai pelaksanaan seminar atau sehari kemudian pada Kamis (25/3/2021), dilaksanakan Rakernas Siwo 2021, yang diikuti utusan perwakilan Siwo Provinsi di Indonesia, termasuk Siwo Surakarta.

Dalam Rakernas nanti, akan membahas evaluasi kinerja 2020 dan program kerja Siwo PWI Pusat 2021. Termasuk membahas beberapa agenda penting, seperti pelaksanaan Porwanas 2021 di Jawa Timur, serta mengintensifkan program untuk menggelar kembali Sarung Tinju Emas, yang merupakan persembahan para wartawan olahraga untuk tinju Indonesia.

Sigit PR-Riyan