blank
Pemandangan indah Bukit Sikapuk, Parikesit, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo yang instagramable. Foto : SB/dok

Berada di Atas Awan

Salah satu anggota Pokdarwis Desa Parikesit, Krisna Dipayana Aji Wahyu Abdillah mengatakan, desa ini di samping berada di lahan pertanian juga dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah.

Maka kalau dikelola dengan baik, katanya, akan lebih menguntungkan masyarakat. Wisatawan yang akan berangkat ke atau pulang dari Dieng, bisa berbelok sejenak ke Bukit Sikapuk untuk menikmati pemandangan indah yang ada.

“Maka kami Pokdarwis Desa Parikesit terus giat menata dan melakukan pembenahan jalan dan sarana prasarana objek wisata Bukit Awan Putih,” jelasnya.

Menurutnya, sayang apabila potensi wisata yang bisa menambah perekonomian masyarakat ini tidak dikelola.

Apabila datang ke Bukit Sikapuk ini, katanya, serasa berada di atas awan yang tebal berwarna putih dengan pemandangan pegunungan.

Sementara itu, Pembina Himpunam Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, Agus Purnomo menyampaikan, dengan munculnya objek wisata baru yang dalam proses pembenahan namun sudah ramai dikunjunggi wisatawan ini, maka yang sangat perlu diperhatikan adalah penataan lingkungan kawasan.

Baca juga Merapi Sudah Tenang, Objek Wisata Ketep Pass Kembali Dibuka

“Lingkungan kawasan wisata ini jangan sampi dipenuhi bangunan baru, harapannya sepanjang jalan jalur arah ke Dieng agar tetap ditanami pohon carica atau tanaman setempat agar jangan sampai dengan dikelolanya objek wisata baru ini malah menghilangkan keaslian pemandangan kawasan Dieng yang hijau,” pungkasnya.

Jadi, siapkan diri, ketika cuaca sudah membaik, terlebih bila pandemic sudah sirna, sempatkan datang ke Bukit Awan Putih.

Muharno Zarka-wied