Kabut awan berarak menghiasi Pegunungan Dieng yang terlihat dari Bukit Sikapuk. Foto : SB/dok

DIENG, nama yang sudah tidak asing di jagad pariwisata. Berkunjung ke Dieng saat ini, tidak hanya melihat candi, kawah, dan Telaga Warna.

Dieng memang berada di dua wilayah administratif, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Nah, kali ini kita bicara destinasi yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Ada tempat wisata baru di sini. Setelah kondang dengan the golden sunrise di Bukit Sikunir, kini muncul lagi nama Bukit Sikapuk atau Awan Putih. Tempat ini berada di di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata yang memiliki pemandangan hamparan awan putih dan pegunungan tersebut sengaja dibuat warga setempat supaya wisatawan yang datang ke Dieng memiliki banyak pilihan tujuan wisata.

Kades Parikesit, Tugiyono mengatakan, objek wisata Bukit Awan Putih ini diharapkan bisa menjadi solusi peningkatan pemberdayaan ekonomi baru masyarakat Desa Parikesit di samping sektor pertanian.

Maka objek wisata baru ini, diharapkanya, bisa menyerap lapangan kerja dan bisa memberikan efek peningkatan ekonomi warga sekitar dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Jadi, bila berkunjung ke Dieng, tuntaskan kunjungan, dengan mampir dan rehat sejenak di Bukit Sikapuk.

Kami merencanakan akan ada tempat penjualan hasil sayur warga Desa Parikesit seperti kentang, kubis, cabe, carica, wortel dan terong belanda. Wisatawan dapat membeli langsung ketika berkunjung ke Bukit Awan Putih,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar warga Desa Parikesit jangan hanya jadi penonton saja. Tetapi harus bisa menjadi pelaku wisata. Karena desa ini memiliki potensi akan sayang apabila tidak dimanfaatkan dengan baik.