blank
Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, saat melakukan patroli malam. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, melaksanakan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes), Minggu (21/2/2021) malam, dalam rangka menekan dan meminimalisasi penyebaran dan penularan covid-19.

Camat Kalikajar, Bambang Trie mengatakan, Tim Satgas Penanganan Covid-19 melaksanakan patroli malam dan sosialisasi penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penularan virus corona. sesuai dengan SE bupati dan penerapan PPKM Mikro.

”Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi kerumunan dan keramaian di beberapa tempat. Karena biasanya pada malam hari banyak anak muda yang berkumpul, nongkrong ramai-ramai. Sehingga rentan menjadi media penularan dan penyebaran virus corona,” katanya.

BACA JUGA: Iket Saba Wonosobo Suport Pedagang Pasar Wisata Minggu

blank
Patroli malam dilakukan, guna mencegah penularan covid-19 di masyarakat. Foto: Muharno Zarka

Dengan patroli ini, diharapkan sedikit banyak bisa memberikan pengarahan kepada warga, agar mengurangi kegiatan di luar rumah, khususnya di malam hari. Sebab, peraturan jam malam masih tetap berlaku di Wonosobo, sepanjang pandemi global covid-19 ini.

Menurut Bambang Trie, sasaran operasi penegakan disiplin prokes covid-19 dilaksanakan di warung kopi, kafe dan menyusuri jalan-jalan yang terlihat banyak orang berkerumun. Mereka juga memberikan imbauan kepada warga yang masih berada di luar rumah.

”Pada patroli malam dan razia penegakan disiplin prokes covid-19, kami masih menemukan beberapa warga yang tidak menggunakan masker saat ke luar rumah. Banyak warga yang melanggar jam malam yang sudah diberi batasan waktu tertentu. Saat ini semua harus patuh pada peraturan yang ada,” pintanya.

Muharno Zarka-Riyan