Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyerahkan Piagam penghargaan kepada Lurah Panjer, Kebumen, Misbah Chulmunir, di halaman Mapolres Senin 22/1.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memberikan penghargaan kepada Kapolsek, Kepala Kelurahan (Lurah)serta Kades di Kebumen atas prestasinya membangun Posko Covid-19 PPKM skala Mikro di wilayah Kebumen lengkap dan tertib.

Dua Kapolsek yang menerima penghargaan adalahKapolsek Kebumen Kota AKP Tarjono Sapto Nugroho dan Kapolsek Karanganyar AKP Kusnadi.

Sedangkan di  tingkat Kelurahan yakni Lurah Kelurahan Panjer Drs H Misbah Chulmunir, Lurah  Kelurahan Karanganyar Sutrisno Ssos, dan Kepala Desa Karangsari, Kecamatan Kebumen, Endrata.

Penghargaan diserahkan Kapolres Kebumen saat apel pagi di halaman Mapolres Jalan Tentara Pelajar dengan disaksikan peserta apel, Senin (22/2).

Kapolres AKBP Piter Yanottama  menjelaskan, penghargaan diberikan karena para penerima penghargaan berhasil membuat Posko berpredikat lengkap administrasi, struktur, fasilitas dan prasarana.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Forkopimcam dan segenap perangkat posko yang telah membuat posko dengan lengkap dan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada para penerima penghargaan dalam kecepatan inisiatif mendirikan posko sesuai intruksi Presiden RI,”jelas AKBP Piter Yanottama.

Menurut Kapolres, adanya Posko PPKM berskala Mikro di Kebumen yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan beberapa minggu terakhir ini berdampak positif. Bahkan bisa menekan angka penyebaran Covid-19. Terbukti mulai minggu ini di seluruh Kecamatan di Kebumen tidak ada Zona Merah atau kondisi daerah dengan risiko tinggi penularan karena angka positif Covid-19 tinggi di daerah itu.

Bahkan adanya Posko PPKM Mikro di suatu RT ataupun RW maka Satgas Penanganan dan Satgas Bantuan langsung melaksanakan tracing atau pelacakan dan testing. Jika dinyatakan ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19, selanjutnya disarankan isolasi mandiri (Isoman) di umah, karena tanpa gejala atau karantina mandiri di rumah sakit jika mengalami gejala.

Saat warga melakukan Isoman karena positif tanpa gejala, Satgas Jogo Tonggo akan digerakan Posko PPKM Mikro untuk membantu meringankan beban warga memenuhi kebutuhannya.

Para penerima reward sekaligus dijadikan pilot project dari Mabes Polres di era PPKM Mikro di Kebumen. Strategi saling terintegrasi ini sudah terbukti efektif di Kebumen.

Lurah Karanganyar Sutrisno menyambut positif kegiatan sinergitas melalui Posko PPKM Mikro yang melibatkan TNI- POLRI serta petugas Kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Kami dari Kelurahan Karanganyar sangat terbantu adanya sinergitas ini. Tanpa ada dukungan dari Polres Kebumen, kita kesulitan dalam hal pendisiplinan,”jelas Sutrisno, seraya mengakui,  pendisiplinan serta tracing dengan melibatkan TNI-POLRI dan Satpol PP lebih efektif.

Komper Wardopo-mul