blank

SOLO (SUARABARU.ID) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia mengagendakan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) ke-5 dengan Tema “Bersinergi Membangun Bangsa Melalui Pendidikan yang Bermutu, Religius, dan Berdaya Saing Global”.

Puncak kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada Kamis-Sabtu, 29-31 Juli 2021 di Lor In Hotel Solo.

Sekretaris Jenderal JSIT Indonesia, Suhartono, sekaligus steering committee (SC) kegiatan Munas V JSIT Indonesia menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperkokoh peran dan kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis bermutu berbasis komunitas baik dalam skala nasional maupun internasional yang berkarakter dan religius.

“Terbentuknya kepengurusan baru yang lebih profesional dan berdaya juang tinggi dalam meningkatkan peran organisasi dalam pendidikan bangsa. Dihasilkannya arah kebijakan dan rekomendasi-rekomendasi untuk kemajuan pendidikan Islam dan Bangsa pada umumnya. Kita mencoba merancang pendidikan 2045 melalui seminar pendidikan nasional bertajuk Peta Jalan Pendidikan 2030 dan perlombaan grand desain pendidikan 2045, ” ungkap Suhartono.

Sementara Ketua Panitia Munas V JSIT Indonesia, Sigit Cahyantoro menuturkan bahwa menyikapi kondisi jika masih pandemi Covid-19, kegiatan Munas JSIT Indonesia V akan dilaksanakan secara online/daring dan offline/luring.

“Kegiatan-kegiatan yang memungkinkan dilaksanakan secara online, seperti halnya lomba-lomba, seminar, maupun konferensi akan diselenggarakan secara virtual. Hanya puncak kegiatan munas yang rencananya akan dilaksanakan secara offline. Itu pun dengan membatasi peserta, 3 orang pengurus dari masing-masing wilayah (provinsi) dan segenap pengurus pusat JSIT Indonesia. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” terang Sigit.

Sigit berharap kondisi pandemi Covid-19 semakin mereda dan aman, sehingga jalannya kegiatan Munas ini dapat terlaksana sesuai rencana.

Perlu diketahui bahwa serangkaian kegiatan pendukung bakal menyemarakkan Munas JSIT Indonesia V, seperti halnya Webinar Pendidikan, Webinar Parenting, Webinar 4 Pilar Kebangsaan, Webinar Nasional Manajemen Magnet Rezeki, Lomba Siswa, Guru, dan Kepala Sekolah, serta Konferensi Internasional ICEE (International Center for Educational Excellence).

(Pik)