blank
Dua pegawai PDAM Purwa Tirta Dharma usai mendaftarkan diri ke Posko Pendaftaran Dirut PDAM, kemarin. Foto : ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pendaftaran Direktur Utama PDAM Purwa Tirta Dharma telah dibuka sejak Rabu (10-16/2/2021). Di hari kelima, para pendaftar sudah mulai ramai. Empat orang pelamar meramaikan bursa tersebut pada Senin (15/2/2021).

Keempat pelamar tersebut antara lain Kepala PDAM unit Godong Eko Supriyanto dan Kepala PDAM unit Brati Sudarsono. Pelamar ketiga yaitu mantan Dirut PDAM periode 2016-2020 Bambang Pulunggono. Kemudian, Adhi Yunantono asal Bekasi, Jawa Barat juga ikut mendaftar sebagai calon Direktur Utama PDAM Purwa Tirta Dharma.

Berkas para pelamar telah diterima Bagian Perekonomian Setda Grobogan, yang merupakan posko penerimaan pendaftaran. Sesuai  rencana pendaftaran Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Purwa Tirta Dharma ini berakhir pada Selasa (16/2/2021).

Kabag Perekonomian Setda Grobogan, Agus BK mengatakan, minimal ada enam calon yang mendaftarkan diri. Nantinya tiga dari enam pelamar ini harus lolos administrasi dan maju ke proses selanjutnya.

“Proses rekrutmen ini terbuka untuk umum. Artinya, selain dari kalangan internal Perumdam Purwa Tirta Dharma ini, pihak luar juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi,” ujar Agus.

Sebagai informasi, posisi Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma saat ini masih kosong. Hal tersebut terjadi pasca berakhirnya masa kerja dirut sebelumnya, Bambang Pulunggono yang berakhir pada November 2020 lalu. Saat ini, posisi tersebut dilakukan pelaksana tugas sampai direktur baru terpilih.

“Untuk persyaratan bagi para pelamar antara lain, pendidikan minimal S1 dan punya pengalaman kerja paling singkat lima tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim yang dibuktikan surat keterangan dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik,” tambah Agus.

Selain itu, persyaratan yang lain antara lain berusia 35-55 tahun pada saat mendaftar, mempunyai pengetahuan memadai di bidang usaha perusahaan yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja dan atau sertifikan pelatihan manajemen air minum yang dikeluarkan lembaga penyelenggara di dalam atau luar negeri, yang telah terakreditasi.

“Selain itu, masih ada beberapa persyaratan lainnya yang terkait dengan administrasi. Lebih jelasnya dapat dilihat di papan pengumuman yang ada di Kantor Setda Grobogan atau internet di alamat www.grobogan.go.id Berkas lamaran bisa diserahkan ke Bagian Perekonomian Setda Grobogan,” tutupnya.

Hana Eswe-wied