blank
Wakil Bupati Kebumen yang juga Bupati terpilih H Arif Sugiyanto didampingi Camat Karangsambung R Nurdin Santoso sedang memberikan pengarahan kepada para kades dalam acara serap aspirasi di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung.(Foto:SB/Ist) Karangsam

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mengingatkan masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. Terlebih di musim hujan sekarang ini, kerap terjadi curah hujan sangat tinggi sehingga berpotensi memicu banjir dan tanah longsor.

Peringatan tersebut disampaikan Arif Sugiyanto yang juga Bupati Kebumen Terpilih pada pertemuan  Forum Komunikasi Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Karangsambung  di rumah Kades Pujotirto, Kamis (11/02). Turut hadir Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen Frans Haidar dan Camat Karangsambung R Nurdin Santoso.

Menurut Wakil Bupati, peningkatan kewaspadaan tersebut untuk mengurangi risiko kebencanaan. Harapannya, jika terjadi bencana, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material yang besar. Terlebih Kecamatan Karangsambung wilayahnya pegunungan, rawan akan bencana tanah longsor.

Kepada para kades diminta aktif mengingatkan warganya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Kepala desa juga diminta secepatnya melaporkan ke BPBD jika terjadi bencana.

Arif pun mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apa lagi saat ini ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro untuk pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19.

Wakil bupati menyerap aspirasi serta keluhan para kades terutama persoalan infrastruktur, seperti jalan rusak dan lampu penerangan jalan. Terhadap persoalan infrastruktur, Arif Sugiyanto menegaskan, pembangunan infrastruktur di tingkat desa menjadi salah satu program prioritas pemerintahnya.

Wakil bupati pun mengajak para kades kreatif dan inovatif mengembangkan desa sesuai potensi yang ada. Pengembangan desa bisa dilakukan dengan memanfaatkan dana desa, serta membentuk BUMDes Bersama tingkat kecamatan.

Komper Wardopo