blank
Mensos berfoto ceria bersama anak-anak Kampung Jaha, yang kini sudah mempunyai MCK memadai. Foto: dok/ist

SERANG (SUARABARU.ID)– Ada banyak ragam cerita dari masyarakat Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, saat mereka belum memiliki sarana sanitasi berupa MCK (mandi, cuci, kakus).

”Dulu kalau mau buang hajat harus ke sawah. Karena sudah terbiasa, jadi nggak bau,” jawab Artanti jujur. Komentar itu muncul, ketika ditanya awak media, usai menyaksikan peresmian jalan dan pembangunan MCK yang dilakukan Mensos Tri Rismaharini.

Mensos sendiri hadir dalam rangka meresmikan sarana infrastruktur berupa jalan dan pembangunan sarana sanitasi, yang digagas Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Minggu (7/2/2021).

BACA JUGA : Program Kemanusiaan SMSI di HPN 2021, Bikin Warga Tersenyum  

Artanti yang mengaku lahir dan dibesarkan di Kampung Jaha ini mengakui, jika masyarakat di daerahnya memang banyak yang belum memiliki sarana sanitasi yang memadai terutama kakus. Sehingga tak heran, setiap mau buang hajat mereka selalu ke sawah terdekat.

Menurutnya, kondisi perekonomian keluarga mereka yang saat itu belum memungkinkan membuat MCK, harus diterimanya dengan lapang dada. Karena itu, rutinitas BAB ke sawah, sudah bukan menjadi hal yang aneh.

Karena itulah, begitu mendapatkan informasi pihak desa akan mendapatkan bantuan MCK, Artanti dan keluarganya merasa sangat bersyukur dan gembira.

BACA JUGA : Bakti Serikat Media Siber Indonesia untuk Negeri

Kegembiraan adanya bantuan MCK buat warga Kampung Jaha, ternyata bukan hanya dirasakan para penerima bantuan saja. Markani, warga yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu, juga mengaku ikut gembira, karena sawahnya yang biasa dijadikan sebagai tempat buang hajat, kini jadi bersih.

Markani mengaku bersyukur, pada Hari Pers Nasional (HPN) 2021, SMSI membantu para warga dengan program bakti sosial. Selain pembangunan MCK, ruas jalan kampung mereka juga ikut dibangun.

”Jalan kini jadi bagus, enggak becek, enggak licin karena sudah diaspal. Dulu jalannya keliatan kumuh, sekarang sudah bagus. Terima kasih sudah membantu pembangunan jalan untuk kami,” tukasnya.

Riyan-Sol