blank
Masyarakat menyaksikan patah dan amblesnya jembatan yang melintasi Sungai Rembun. Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Perbaikan jembatan di Sungai Rembun yang ada di perbatasan Pekalongan-Pemalang, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Kerusakan jembatan di sisi selatan itu, diduga faktor usia yang sudah tua.

”Kami masih fokus mengamankan lokasi dan pembongkaran jembatan. Evakuasi rangka badan jembatan masih menunggu alat berat. Kami perkirakan perbaikan ini akan selesai dalam dua bulan,” kata I Nyoman Yasmara, dari PPK 1.2 Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat (5/2/2021).

Sementara itu, arus lalu lintas saat ini menggunakan jembatan di sisi utara, dan sebagian dialihkan ke jalur tol Pemalang-Semarang. Sebelumnya, jembatan Rembun sisi selatan runtuh, Kamis (4/2/2021) malam. Badan jembatan ambles sekitar dua meter di sisi timur, dengan kedalaman sekitar dua meter.

blank
Seorang petugas sedang mengecek kerusakan jembatan yang dibangun pada 1977 itu. Foto: dok/ist

Jembatan dengan panjang sekitar 50,5 meter itu, kini tidak bisa digunakan lagi. Arus lalu lintas hanya bertumpu pada jembatan sisi utara. Arus kendaraan dilakukan contra flow, dari arah Semarang maupun Jakarta harus antre satu per satu.

Jembatan itu sendiri dibangun pada 1977 atau sekitar 44 tahun lalu. Jembatan yang dibangun dengan menggunakan rangka baja itu, sebenarnya sudah diusulkan untuk diganti. Namun belum sampai diganti, ternyata sudah runtuh. Saat ini, lokasi telah diamankan dengan menggunakan garis polisi.

Riyan-Sol