blank
Bripka Nyamat mengamati tanaman hias yang juga dibudidayakan masyarakat setempat. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Personil Bhabinkamtibmas Desa Bangowan dari Polsek Jiken, Bripka (Pol) Nyamat Ari Widodo, Kamis (4/2/2021), menyambangi petani sayuran di Kawasan Wisata Bukit Kunci, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bripka Nyamat menjelaskan, selain menjalin silaturahmi dan kemitraan, dirinya juga aktif mendatangi wilayah binaannya itu, untuk mencari terobosan kreatif ataupun menemukan solusi bersama, jika ditemukan permasalahan.

Namun dalam kedatangannya kali ini, Bripka (Pol) Nyamat hanya fokus pada budidaya sayuran dan tanaman hias di Bukit Kunci.

Diungkapkan dia, keberadaan tanaman sayur di Bukit Kunci itu, berawal dari sebuah inspirasi. Ketika itu dirinya melihat lokasi wisata di luar Blora, yang menyajikan aneka macam tanaman sayur.

Untuk itulah dirinya berinisiatif mengajak warga untuk mencoba menanam sayuran di puncak Bukit Kunci.

BACA JUGA : Petugas Gabungan di Kabupaten Blora Kampanyekan 5M di Pasar Jiken

blank
Selain tanaman hias, tanaman buah dan sayur-sayuran juga menjadi andalan masyarakat yang ada di wilayah Desa Bangowan. Foto: Hms-Resbla

”Kita berdayakan potensi alam yang ada, apalagi di Bukit Kunci ini merupakan kawasan yang subur,” kata Bripka (Pol) Nyamat.

Untuk itulah, bersama warga dia manfaatkan dengan menanam sayur buah serta tanaman hias. Dan di lokasinitu juga kembangkan tanaman sayur dengan sistim hidroponik, beber Brika (Pol) Nyamat.

Adapun tanaman sayur dan buah yang sudah ditanam adalah selada, tomat, cabai, seledri dan kacang-kacangan, serta tanaman buah khas desa setempat, sawo organik.

Sudarto, Kepala Desa Bangowan menyampaikan, inisiatif dari Bhabinkamtibmas itu telah dicoba, dan kini telah dirasakan manfaatnya oleh warga. Selain untuk dikonsumsi sendiri, sayur-sayuran itu juga laku dijual.

”Alhamdulillah, kini warga mulai merasakan manfaatnya. Di Bukit Kunci ini kita juga menjual sayuran, seperti selada, seledri, tomat ataupun buah sawo jika saat musimnya,” ujar Sudarto.

Terpisah, Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi, menyatakan apa yang dilakukan Bripka Nyamat harus didukung.

Selain aktif menjalin kemitraan, upaya yang dilakukannya juga dirasakan ada manfaatnya.  Tindakan itu menjadikan ketahanan pangan yang saat ini tengah digiatkan pemerintah pusat maupun daerah, mampu diwujudkan.

Wahono-Riyan