blank
Longsoran tanah di Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari ini membuat warga yang masih bertahan merasa was-was. Foto : HE.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Musim penghujan membuat belasan warga yang tinggal di Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari, was-was. Pasalnya, rumah mereka terancam tidak dapat ditempati lagi lantaran longsoran yang semakin meluas.

Dari pantauan lapangan, lima rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. Dua keluarga terpaksa mengungsi, sebab rumah yang mereka tempati runtuh.

Longsoran juga membuat pekarangan milik warga tergerus dan tanahnya turun ke sungai. Hal itu justru semakin mengkhawatirkan warga.

“Sebelumnya, jarak dari rumah saya sekitar tiga meter dari sungai. Kemudian, pada hari Kamis (28/1/2021-red), longsoran semakin parah, sampai ke teras dan tiang penyangga rumah saya,” ujar Yono, Selasa (2/2/2021).

Khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Yono terpaksa memindah rumahnya untuk menjauhi titik longsoran. Bahkan, dirinya menanam aneka pohon seperti bambu dan kersen agar longsoran tidak tergerus air hujan.

“Semoga pemerintah segera mengatasi longsoran ini agar tidak semakin meluas,” ujar Yono.

Tak banyak yang diharapkan warga. Mereka hanya ingin adanya talud penahan agar longsoran tidak bertambah meluas, sebab longsoran sudah tinggal beberapa centimeter dari jalan kampung.

Saat ini, sebanyak sepuluh kepala keluarga yang masih bertahan, antara lain Witono, Siti Rohmah, Siti, Suyono, Yayuk, Darso, Junaedi, Bu Warno, Ruslan dan Abul Rozak. Namun, tempat tinggal mereka terancam sebab dekat dengan lokasi longsoran.

“Kami hanya bisa bertahan sebab rumah tersebut adalah satu-satunya yang bisa kami huni sekarang. Kalaupun mau pindah, itu juga butuh biaya. Ini saja, ada satu rumah yang sudah dikosongkan,” tambah Suyono.

HE