blank
Mulai dibuka dapur umum di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari. ( Foto : BPBD Jepara)

JEPARA, (SUARABARU.ID) – Untuk membantu warga terdampak banjir di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, sejak Selasa (2/1-2021) pagi  mulai dibuka dapur umum. “Kami menyiapkan 1.000 bungkus nasi untuk tiap kali makan. Jumlah ini menyesuaikan dengan kebutuhan dilapangan,” ujar Pelaksana BPBD Jepara Arwir Noor Isdiyanto.

blank
Sejak pagi ini dapur umum menyiapkan 1.000 nasi bungkus setiap kali makan. ( Foto : BPBD Jepara )

Berdasarkan pendataan yang dilakukan bersama pemerintah desa setempat, jumlah warga terdampak banjir di Desa Dorong mencapai 1.000 orang yang berada di Dukuh Dorang Kidul dan Gempol Tapen. Sementara warga lain, masih  memungkinkan untuk memasak mandiri. Sebab warga terdampak banjir seluruhnya mencapai 1.004 KK.

Arwin juga menjelaskan, dapur umum yang didirikan ini melibatkan relawan dan juga masyarakat setempat. “ Untuk distribusinya dikoordinasikan oleh Petinggi Dorang  dengan melibatkan pengurus RT di lingkungan terdampak,” ujar Arwin.

blank
Dapur umum di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari membantu warga terdampak banjir. ( Foto : BPBD Jepara )

Sementara sampai siang  ini di Dorang bersiaga sejumlah ralawan yang terdiri dari unsur BPBD, Bagana/Banser. MDMC, KOKAM, Polris, TNI, PMI, Ubaloka, Senkom dan PP PP Rescue. Juga perangkat Desa, Hansip dan warga masyarakat setempat. Disamping telah disiapkan  perahu karet,  dan juga  tenda untuk cadangan  menampung pengungsi dan juga posko.

Sebagaimana diberitakan SUARABARU.ID. hingga Selasa pagi ini air yang menggenangi Dukuh Tapen Desa Dorang dan dukuh Doprang Kidul  terus merambat naik. Bahkan  sejak pagi tadi kenaikan air  bertambah  40 Cm, hingga luas wilayah terdampak terus bertambah, baik pemukiman maupun persawahan. Sementara ketinggian air ada yang mencapai 100 Cm.

Hadepe – Zulfah