blank
Edy Kristianto, Tenaga Kesehatan RSU RA Kartini saat menerima vaksinasi. ( Dok)

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Dari 4.410 orang tenaga kesehatan di Jepara  yang telah terdaftar, sampai Kamis ( 28/1-2021) petang,  3.958 orang telah mendapatkan E-Tiket.  Dari jumlah tersebut 2.775 orang telah di vaksin dan  493 orang dinyatakan  eksklusi, tidak masuk kriteria / tidak layak.

Sementara  sebanyak 412 orang tenaga kesehatan di Jepara belum hadir  di fasilitas kesehatan dan    278 orang  dipastikan ditunda karena pertimbangan kesehatan.

“Pelaksanaan dilanjutkan hari Jumat – Sabtu  ini terutama untuk  yang tunda dan belum hadir. Mereka akan dihubungi oleh masing-masing faslitas kesehatan yang telah ditunjuk,” ujar ujar   dr Fakhrudin, Kabid Pengendalian dan Penanganan Penyakit Menular  DKK Jepara saat diminta penjelasannya Jumat siang.

Menurut Fakhrudin, dari hasil pantauannya ada beberapa penyebab tenaga kesehatan yang belum hadir dalam vaksinasi. “ Bisa karena pindah kerja, shiff malam, belum ada kesesuaian antara NIK  dan P-Care atau sedang sakit,” ujarnya.

Harapan kami dapat terselesaikan sampai Sabtu besuk. Sebab vaksinasi ini adalah salah satu cara untuk mengatasi pandemi dan melengkapi protokol kesehatan, tambah Fakhrudin.

Ini Alasannya

Seorang  dinilai masuk kelompok insklusi, atau tidak layak atau tidak masuk kriteria jika saat skering ternyata salah satu indikator yang ditanyakan sedang dialami atau dirasakan  oleh calon penerima vaksin.

“Indikator tersebut antara lain pernah terkonfirmasi covid 19, hamil atau menyusui,  sedang mengalami gejala ISPA, keluarga serumah yang kontak erat/ suspek/ terkonfirmasi dan sedang dirawat, memiliki riwayat alergi berat, sedang menjalani terapi aktif jangka panjang terkait dengan penyakit kelainan darah,” ujar dr Tri Adi Kurniawan, Sp.P, M.Kes, FISR.

Indikator yang lain adalah penderita penyakit jantung, ginjal kronis, penyakit rematik autoimum, penyakit saluran pencernaan kronis,  penyakit kanker, kelainan darah, diabetes melitius dan penyakit paru, tambahnya.

Hadepe –ua