blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang juga Bupati Terpilih didampingi Camat Prembun Ahmad Ngaisom berbicara di depan para kades se Kecamatan Prembun di kediaman Ketua DPRD Sarimun.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna mewujudkan efisiensi kinerja para ASN di lingkungan Pemkab Kebumen, beberapa kebijakan akan dilakukan oleh Bupati Terpilih H Arif Sugiyanto SH. Di antaranya dengan menghapus dua dinas dan melebur dengan dinas lain.

Arif Sugiyanto yang juga masih menjabat Wakil Bupati Kebumen itu menyampaikan gagasannya saat menggelar sarasehan bersama para kepala desa se Kecamatan Prembun, di Kediaman Ketua DPRD Kebumen H Sarimun SSy, Senin (25/1) 2021, malam.

Kegiatan dihadiri Hj Ristawati Purwaningsih SST MM yang juga Wakil Bupati Kebumen terpilih, Camat Prembun Ahmad Ngaisom beserta para kepala desa se Kecamatan Prembun.

Menurut Arif Sugiyanto, dua dinas yang akan diganti nomenklaturnya dan akan dilebur dengan dinas lain yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan digabungkan dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kemudian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH). Dinas ini akan dihapus, dan dipisah. Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Perkim akan digabungkan dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

Sedangkan Lingkungan Hidup atau LH akan digabungkan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan atau Dinlutkan. Menurutnya, peleburan dua dinas ini tidak lain adalah untuk efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas, serta efisiensi anggaran agar tidak tumbang tindih aturan dengan dinas yang lain.

“Ini kita lakukan mengingat jumlah ASN terbatas sehingga perlu sekali adanya efektifitas dalam bekerja sehingga kami pandang dua dinas ini memang perlu dileburkan,”jelas Arif.

Dia berharap dengan peleburan ini Dinas Perhubungannya dan Dinas Kelautan semakin besar. Dengan begitu pendapatan daerah serta aset daerah juga mengikuti. Selain itu, ASN dinilai juga bisa terpacu agar lebih giat lagi berkerja maksimal untuk masyarakat.

Lebih jauh mantan polisi yang sukses menjadi pengusaha itu menyatakan, usai resmi dilantik sebagai Bupati Kebumen, rencananya akan memberikan perhatian kepada Kecamatan Prembun, wilayah Kebumen yang paling ujang di sisi timur. Ia berjanji akan memmoles wajah Prembun menjadi lebih baik sebagi pintu gerbang Kebumen dari arah timur.

“Prembun ini merupakan wajah Kota Kabupaten Kebumen dari sisi timur yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten tetangga. Untuk itu pintu gerbangnya Kebumen perlu kita poles wajahnya,”ujar dia.

Adapun bentuk polesannya, yakni merombak dan menata kembali Alun-alun Prembun agar semakin bersih, indah dan nyaman. Kemudian revitalisasi Terminal Prembun agar bisa digunakan lagi, dan memberikan manfaat lebih besar terhadap masyarakat. Termasuk pemanfaatan aset-aset desa.

Komper Wardopo