blank
Kapolsek Jatiroto Polres Wonogiri, AKP Unggul Tri Wasisto (kanan), memimpin penanganan musibah kebakaran toko kelontong. Ikut hadir membantu personel Koramil Jatiroto Kodim 0728 Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hasil penyelidikan sementara yang dilakukan petugas, sumber api yang meludeskan toko kelontong di Pasar Soka Pesido, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, berasal dari hubungan arus pendek. Yakni karena terjadi konsleting listrik pada jaringan terpasang di dalam toko.

Seperti diberitakan semalam, Toko Kelontong milik Tardi di kompleks Pasar Soka Desa Pesido, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, ludes diamuk jago merah. Bangunan toko beserta seluruh isi aneka komoditas yang ada di dalamnya, ludes dimangsa api.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Jatiroto AKP Unggul Tri Wasisto, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, Rabu (28/1), menyatakan, dalam musibah kebakaran toko di Dusun Soka RT 1/RW 1 Desa Pesido tersebut, tidak menimbulkan korban nyawa. Pemicunya, karena konsleting listrik.

blank
Api cepat berkobar meludeskan toko kelontong yang menempel Pasar Soka Pesido Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Taksir kerugian materi sekitar Rp 100 juta lebih.

Percikan Api
Kepada petugas, Agus Mulyanto (40) dan Fale (17), yang menjadi saksi kebakaran toko tersebut, menyatakan, melihat kepulan asap dan percikan api di atap toko Pukul 19.30 Selasa (26/1). Segera itu diberitahukan kepada pemiliknya, dan bersama warga dilakukan upaya pemadaman.

Tapi kiat memadamkan api mengalami kendala, sebab api cepat berkobar karena membakar barang-barang yang ada di dalam toko, termasuk aneka komoditas kebutuhan sehari-hari yang biasa dijajakan oleh toko tersebut. Terlebih lagi, di lokasi tidak terdapat fasilitas alat pemadam kebakaran dan tidak tersedia cukup air.

blank
Dua unit mobil Damkar Pemkab Wonogiri, didatangkan untuk menuntaskan pemadaman api kebakaran toko kelontong di kompleks Pasar Soka Pesido, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Kepala Unit Pelaksana Dinas Teknis (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, Rabu (28/1), menyatakan, mendapat kontak ada kebakaran toko pada Pukul 20.00. Yang itu langsung disikapi dengan mengirimkan dua unit mobil Damkar. Lokasi toko menempel di Pasar Soka Pesido, Jatiroto.

Bambang Pur