blank
Warga bersama sukarelawan bencana dan RAPI menyingkirkan pohon tumbang di Jalan Daendels Kecamatan Ambal, Kebumen, Rabu (27/1) sore (Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Angin kencang disusul hujan lebat sejak Pukul 14.00-15.00 Rabu (27/1) menumbangkan pohon di sejumlah titik di sepanjang ruas Jalan Daendels di Kecamatan Ambal-Mirit,  Kebumen selatan.

Bahkan pohon tumbang sempat menutup ruas jalan alternatif menuju Yogyakarta tersebut. Namun warga bersama sukarelawan bencana dan berbagai pihak segera berinisiatif memotong pohon yang melintang jalan dengan gergaji. Ranting dan daun disingirkan warga secara bahu membahu.

Camat Ambal Edy Purwoko dan aktivis relawan bencana Hardi Nugroho menyatakan, pohon tumbang di Jalan Daendels Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal terjadi sekitar Pukul 15.20. Korban jiwa nihil, namun sementara kabel FO Telkom dan Kominfo terganggu.

blank
Pohon cukup besar bertumbangan di sepanjang Jalan Daendels, Kecamatan Ambal, Kebumen, akibat angin kencang pada Rabu 27/1.(Foto:SB/Ist)

Relawan Bencana Ambal bersama anggota RAPI membersihkan lokasi agar jalan segera bisa dilalui. Bahkan jalur Urut Sewu (Pesisir Selatan) Rabu sore ini banyak pohon tumbang. Di Desa Ambalresmi  tiga pohon tumbang, di Desa Entak dua pohon, dan di Dusun Kembaran 1 pohon.

“Masih diberi keselamatan, kalau pun mengenai rumah sementara ada kerusakan tetapi tidak parah, hanya atap dan teras,”jelas Hardi Nugroho.

Sedangkan sukarelawan PMI di Kecamatan Petanahan juga melaporkan,  telah terjadi musibah pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga bernama Khoerul Anwar, beralamat  RT 01 RW 01 Desa Karangduwur, Petanahan.

Kejadian Rabu 27/01/2021 sekitar Pukul 14.35 di Desa Karangduwur, Petanahan. Kerugian akibat kerusakan sekitar Rp 5.000.000 dan tidak ada korban jiwa. Damkar Satpol PP Kabupaten Kebumen segera menuju lokasi dan menyingkirkan pohon kelapa yang menimpa rumah warga.

Berdasarkan Ramalan Cuaca BMKG, telah memberikan peringatan dini cuaca Jawa Tengah 27 Januari 2021 Pukul 17.12 berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Pukul 17.00

Di Kabupaten Kebumen angin kencang dan hujan petir itu diprakirakan menimpa Kecamatan Sempor, Karanggayam, Padureso, Karangsambung, dan bisa meluas ke Kutowinangun, Prembun, Alian, Rowokele, Sadang, Poncowarno.

Warga di wilayah Kecamatan Puring di Kebumen selatan jugamelaporkan aliran listrik dari PLN padam. Warga pun mengadukan hal itu ke PLN Area Pelayanan Kebumen.

Pihak PLN mengakui sore ini banyak pohon tumbang dan sedang dilakukan perbaikan.”Mohon ditunggu bapak, banyak pohon tumbang,”jelas Fandi, kepala PLN Area Pelayanan Kebumen.

Komper Wardopo