Wisata Gunung Puntang tetap buka dengan terapkan prokes ketat. foto: Siberindo.co

LENGKONG (SUARABARU.ID)– Kawasan wisata Gunung Puntang adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bandung.

Terletak di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Gunung Puntang banyak dikenal sebagai tempat berkemah maupun situs sejarah.

Selain alamnya yang asri, sisa reruntuhan bangunan bekas Radio Malabar yang berdiri di zaman kolonial Belanda pun dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Di tengah pandemi Covid-19, kawasan wisata ini tetap dapat dikunjungi warga yang hendak menghabiskan waktu di alam.

Administratur Perum Perhutani KPH Bandung Selatan sebagai pengelola wilayah Gunung Puntang, Teddy Sumarto memastikan protokol kesehatan di kawasan tersebut dijalankan secara ketat.

“Kawasan wisata Gunung Puntang senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan rutin berkoordinasi, menerima pengecekan oleh tim Satgas Covid-19,” ujarnya, Senin (25/1/2021).

Salah satu hal yang berubah adalah jam operasional. Dia mengatakan, saat ini Gunung Puntang hanya dapat dikunjungi pada pukul 08.00-16.00.

Kami selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lokasi wisata sesuai anjuran pemerintah. Di masa PPKM ini, kami hanya buka pukul 08.00-16.00 dengan tetap melakukan kontrol ketat terhadap pengunjung agar mematuhi prokes,” jelasnya, seperti dilansir suarabaru.id grup Siberindo.co. 

Beberapa hal yang rutin dilaksanakan, dia mengatakan, mencakup pengecekan suhu tubuh bagi seluruh wisatawan yang hendak memasuki kawasan wisata.

Setelah itu, wisatawan diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

“Petugas selalu mengimbau untuk jaga jarak dengan berpatroli keliling lokasi wisata,” katanya.

Claudia SB