blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi & Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) mengembangkan beberapa web based mapping atau aplikasi pemetaan berbasis web untuk beberapa keperluan.

Perkembangan penyajian informasi pada era saat ini mengalami perubahan, terutama dalam penyajian agar dapat secara cepat tersampaikan dan cepat dipahami.

Seperti halnya dalam menampilkan informasi, aplikasi web juga perlu menyajikan informasi agar mudah dipahami salah satunya adalah dengan menyajikan informasi dengan diagram, peta dan lain-lain.

Namun untuk dapat mengembangkan aplikasi pemetaan berbasis web yang dinamis perlu beberapa komponen, yaitu basis data, map server dan antarmuka.

Pada aplikasi pemetaan berbasis web ini data dapat dirubah secara real-time atau kapan saja, sehingga informasi yang dihasilkan juga dapat up to date.

Beberapa kasus yang digunakan sebagai objek pemetaan dengan memanfaatkan data publik salah satunya adalah data dari Badan Pusat Statistik dan beberapa dinas terkait.

blankObjek web based mapping yang dikembangkan meliputi pemetaan Tingkat Kemiskinan, Pemetaan Penyebaran COVID-19, Angka Partisipasi Pendidikan, Data Hewan Ternak dan Persebaran Penyakit.

Proses diawali dengan pencarian data, digitasi peta dan koding pembuatan aplikasi web untuk menampilkan peta dan fungsi manajemen data.

Proses ini memanfaatkan data public dan perangkat lunak opensource. Informasi kemudian disajikan dengan tabel dan pemetaan dengan gambaran zona sehingga lebih memudahkan dalam memahami informasi yang disajikan.

Menurut ketua program studi Sistem Informasi Bu Prind Triajeng P, harapanya nanti purwarupa yang dihasilkan dari proyek mata kuliah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyajikan informasi ke publik sehingga memudahkan untuk dijangkau semua kalangan.

“Sebelumnya juga mahasiswa Sistem Informasi USM pernah mengembangkan berbagai macam aplikasi untuk UMKM sebagai bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat dalam proyek mata kuliah” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa yang ambil bagian dalam proyek ini Taufiq Hidayat mengatakan bahwa dalam mengerjakan tugas sistem informasi geografis tersebut sangat berkesan karena pertama kalinya saya belajar data spasial dan database oracle sehingga harus banyak mempelajari hal-hal tersebut.

“Saya sangat antusias dalam mengerjakan tugas tersebut dengan mempelajari dari berbagai sumber referensi baik dari dokumentasi oracle mapviewer, dokumentasi php oci, dan bergabung di beberapa grup facebook WebGIS” ungkap Taufiq.

“Saya sangat berterimakasih terhadap dosen mata kuliah sistem informasi geografis yaitu Bapak Agusta Praba Ristadi Pinem, S.Kom., M.Kom yang telah membimbing dan menyampaikan materi secara detail” tambahnya.

Saya berharap dapat pendampingan dalam mengembangkan aplikasi tersebut sehingga dapat menjadi pandangan bagi tugas akhir saya nanti.

Dan berharap hasil dari pengembangan dapat bermanfaat untuk berbagai pihak dalam menganalisa atau menampilkn informasi secara spasial.

Saiful Hadi – USM