blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melihat ruangan penyimpanan vaksin Covid-19 di RSUD dr Soedirman, Senin 25/1.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABADU.ID) –  Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH meminta masyarakat  tidak perlu kawatir apalagi takut adanya program Vaksinasi dari pemerintah. Vaksin yang diberikan pada saatnya dipastikan aman dan sehat.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Kebumen  Arif Sugiyanto yang juga Bupati Terpilih saat meninjau  kegiata Vaksinasi di di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Soedirman Kebumen, Senin (25/1). Ikut mendampingi wakil bupati antara lain Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Dwi Budi Satrio dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kusbiyantoro.

Menurut wakil bupati, vaksin merupakan bagian dari ihktiar atau upaya mencegah dan memerangi penularan wabah Covid- 19.‘’Jangan takut. Vaksin aman dan tidak berbahaya,’’terangnya.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang meninjau vaksinasi di RSUD dr Soedirman sempat ditensi oleh petugas.(Foto:SB/Ist)

Arif Sugiyanto pun mengimbau seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara 3 M. Yakni menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan di air yang mengalir, dan menjaga jarak hindari kerumunan. Terlebih kasus terkonfirmasi positif  Covid -19 di Kebumen hingga kini masih tinggi.

‘’Program vaksinasi ditargetkan memakan waktu satu tahun, apalagi angka kasus Covid-19 masih tinggi dan terus meningkat.  Masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan,’’imbuh Arif.

Pernyataan tersebut diperkuat  oleh Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama usai dirinya mengikuti vaksinasi. Menurutnya, vaksin dipastikan aman dan sehat. Hal ini terbukti saat dirinya mengikuti proses dari awal hingga akhir. Bahkan jarum suntik yang digunakan juga lembut dan saat cairan vaksin masuk pun tidak merasa ada gejala apapun.

“Jarumnya kecil, tidak terasa sakit. Pada saat vaksin masuk ke tubuh, tidak terasa apa-apa,” jelas AKBP Piter Yanottama.

Kapolres juga mengatakan, pascavaksin hingga 30 menit tidak merasakan gejala yang berarti. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak khawatir dan takut jika mendapat giliran gelombang berikutnya dalam pemberian vaksin.  Dipastikan program vaksinasi ini aman dan menyehatkan.

“Ini aman. Masyarakat yang terpilih tidak perlu takut atu khawatir. Ikuti vaksinasi dengan penuh sukacita dan ini demi kesehatan kita bersama,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemkab Kebumen keni tengah melaksanakan program Vaksinasi Covid 19. Untuk tahap awal diberikan kepada 10 pejabat utama di lingkungan Pemkab Kebumen yang memenuhi syarat. Dua pejabat yang lolos uji skrining Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang.

Adapun vaksinasi akan dilaksanakan dalam 4 tahap. Tahap pertama untuk Tenaga SDM Bidang Kesehatan. Tahap kedua untuk Petugas Pelayanan Publik, tahap ketiga untuk masyarakat rentan, dan tahap keempat untuk pelaku ekonomi sosial dan masyarakat umum.

Komper Wardopo