blank
Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat ketika divaksin di RSUD KRT Soetjonegoro. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dandim 0707/Wonosobo Lekol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menjadi orang pertama di Wonosobo yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dalam acara pencanangan pemberian vaksin massal di RSUD KRT Setjonegoro, Senin (25/1).

Setelah melalui dua tahap pemeriksaan, Dandim 0707 dinyatakan bisa mengikuti vaksinasi. Dia telah melakukan vaksinasi Covid-19 pertama di Wonosobo.

“Empat tahapan yang dilalui mulai dari pendataan, pemeriksaan, vaksinasi, dan pemeriksaan tahap akhir berjalan lancar. Yang saya rasakan saat ini tidak ada perubahan yang signifikan di tubuh saya,” ujar Dandim usai divaksinasi.

Sebagai garda terdepan penanganan Covid-19, wajib memberi contoh lebih dulu. Dengan begitu, masyarakat akan percaya terhadap vaksin tersebut. Serta tidak ada keraguan ketika masyarakat mulai divaksin.

Pihaknya berharap proses vaksinasi bisa berjalan lancar hingga ke masyarakat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Kondisi saya saat ini baik-baik saja. Jadi ke khawatiran tentang vaksinasi ini tidak perlu dilakukan. Saya telah mencoba sendiri. Warga pun nanti tidak perlu takut dan khawatir ketika divaksin Covid-19,” pungkasnya.

Kekebalan Diri

blank
Pencanangan vaksinasi Covid-19 di RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Wonosobo, Jaelan mengungkapkan, pada tahap awal ini upaya pembentukan kekebalan diri dan kekebalan masyarakat tersebut akan difokuskan pada 3.058 tenaga kesehatan.

Lalu tenaga penunjang yang bekerja di semua fasilitas kesehatan, baik Puskesmas, RS, klinik, praktik mandiri, dan faskes lain milik pemerintah maupun swasta.

“Tahap selanjutnya diberikan kepada aparat pelayan publik, seperti TNI, Polri, Satpol PP dan lain sebagainya. Kemudian warga lanjut usia, kelompok rentan, dan masyarakat lainnya secara bertahap,” jelasnya.

Dikatakan Jaelan, sebanyak 4.000 dosis vaksin sinovak telah memasuki ruang dingin instalasi farmasi Pemkab Wonosobo, Minggu siang (24/01) lalu.

Pengiriman vaksin dibawah pengamanan petugas Polri, TNI dan Satpol PP. Vaksin sinovak yang akan diberikan pada warga dipastikan dalam kondisi aman dan baik.

Vaksin yang diperuntukkan khusus bagi kelompok umur 18- 59 tahun tersebut segera didistribusikan pada 28 faskes vaksinator yg ditunjuk yg terdiri dari 24 Puskesmas, 3 Rumah Sakit dan 1 Klinik Pratama.

Muharno Zarka